Typhus

Penyakit ini disebabkan oleh baksil yang bersarang serta melukai usu halus. Gejala minggu pertama tak ubahnya demam biasa, pusing, lesu, dan tidak nafsu makan. Jika segera tidak diobati akan meningkat lebih parah, karena usu yang diserang mengakibatkan luka, semakin hari semakin meluas dan kemudian luka bisa membesar dan menembus dinding usus. Apabila hal ini terjadi bisa menimbulkan kematian. Dalam waktu 3 minggu terlihat membaik, maka besar kemungkinan sembuh,

Cara Perawatannya :

Penderita penyakit ini harus istirahat total, ketika sakit harus dijaga karena jika panasnya naik, kadang sering mengigau bahkan seperti hendak berlari, usahakan sering merubah posisi tidur. Jika sudah terlihat sembuh jangan sekaligus dipaksakan berdiri, tetapi sedikit-sedikit dari mulai duduk bersandar lalu berdiri secara belahan. Seumpama berdirinya sudah kuat dan stabil, kemudian belajar berjalan perlahan.

Cara Pengobatan :

Sebuah labu air di parut, peras untuk diambil airnya, lalu saring. Kemudian minum dengan dicampur madu asli dengan takaran sehari 3 kali setengah gelas.

Cara pengobatan lainnya, ambil 30 lembar daun kaki kuda, bidara upas sebesar 1 jari, 3 helai daun sirih segara. Kemudian bahan ditumbuk menjadi satu, lalu masukan kedalam panic, beri satu setengah gelas air, lalu rebus hingga air tingga 1 gelas. Saring, setelah dingin bubuhi sedikit gula batu, diminumkan sehari 2 kali setengah gelas.

Post Author: Rumah Herbal Kita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.