Penyebab Sinusitis Gejala dan Pengobatan Herbal Sinusitis

Sinusitis merupakan salah satu penyakit yang bisa dikatakan lumayan merepotkan bagi penderitanya, karena sinusitis terjadi karena adanya peradangan pada dinding sinus yang berupa rongga yang terletak pada belakang dahi dan tulang pipi. Peradangan tersebut membuat infeksi bakteri dan virus yang merupakan faktor utama penyebab sinusitis.
Pengobatan sinusitis biasanya dengan cara dioperasi bedah, adapun pengobatan dengan non operasi bedah dengan cara meengkonsumsi obat kimia dari sesuai resep dokter atau dengan cara pengobatan tradisional dengan obat herbal alami.

Berikut Macam-Macam Gejala Sinusitis

  • Sinusitis akut biasanya dimulai dengan gejala sinusitis yang mirip seperti flu, yaitu mata berair, hidung tersumbat dan nyeri di wajah. Gejala sinusitis ini mungkin muncul tiba-tiba dan berlangsung 2-4 minggu.
  • Inflamasi subakut sinus biasanya berlangsung 4-12 minggu
  • Gejala sinusitis berupa inflamasi kronis dalam waktu 12 minggu atau lebih.
  • Sinusitis berulang terjadi beberapa kali dalam setahun. Gejala sinusitis yang terjadi beberapa kali dalam setahun ini kurang lebih sama. Perhatikan ciri-ciri sinusitis yang muncul untuk menentukan apakah penyakit sinusitis tersebut disebabkan karena flu biasa, rhinitis alergi, polip hidung, atau penyimpang septum yang juga sering memicu gejala dari infeksi sinus.

5 OBAT HERBAL ALAMI SINUSITIS

Beberapa obat herbal sinusitis yang didapat dari refernsi penelitian terkini dan dipercaya bisa meringankan penyakit sinusitis yaitu,

1. JAHE
Tanaman herbal ini cukup populer di dunia pengobatan alami secara tradisional dengan ras pedasnya yang khas dan memiliki khasiat sebagai antiseptik, pereda nyeri, anti radang, antimikroba, dan bisa meredakan mual serta masuk angin. Dengan mengkonsumsi Jahe rebus yang dicampurkan teh atau madu dapat membantu melegakan pernafasan pada hidung akibat sinusitis atau flu.
2. MADU
Menurut penelitian madu dapat meredakan batuk dan meningkatkan imun tubuh dan mengatasi sakit tenggorokan yang biasa dialami oleh penderita sinusitis.
3. SAMBILOTO
Tanaman herbal ini dipercaya sebagai obat untuk penyakit sinusitis serta dapat melegakan saluran pernafasan sehingga bisa meringankan penderita sinusitis yang biasa mengalami hammbatan pada saluran pernafasan akibat tersumbat oleh lendir yang menghalangi saluran pernafasan.
4. BAWANG PUTIH
Bawang putih tidak hanya berguna untuk meredakan infeksi sinus secara alami, tapi bisa mencegahnya dari awal gejala sinusitis. Beberapa penelitian mengatakan dengan mengkonsumsi bawang putih mampu menghangatkan tubuh dan bisa menyembuhkan penyakit flu. Karena terdapat kandungan senyawa allicin yang mampu membunuh bakteri pada tubuh, sehingga sangat berguna untuk penyebuha sinusitis.
5. NANAS
Nanas mengandung protein bromelain yang terdapat pada batang nanas dan bisa meredakan pembekakan pada saluran pernafasan, seta bisa mengencerkan lendir dahak pada tenggorokan sehingga penderita sinusitis bisa bernafas dengan lega.

Post Author: Fiqri Reinaldi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.