Pengobatan dan Pencegahan Liver

Apotik Hidup Herbal Manfaat Pengobatan Secara Tradisional Penyakit Uncategorized

Pengertian Liver

Liver adalah Penyakit yang menganggu fungsi liver. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, Liver juga satu-satunya organ tubuh yang dapat dengan mudah mengganti sel yang rusak, tetapi jika sel-sel yang dibutuhkan hilang, liver tidak mungkin dapat memenuhi kebutuhan tubuh.

Penyebab Penyakit Liver

Penyebab penyakit Liver bisa berasal dari infeksi oleh virus. hingga saat ini dikenal 8 jenis virus hari, dan virus yang paling jahat adalah virus hepatitis B (HVB) dan Hepatitis C (HCV). sedangkan ujung dari hepatitis adalah cirrhosis. Liver yang cirrhosis selnya berubah menjadi jaringan ikat tidak bisa pulih atau normal lagi, sehingga menurun fungsinya. lain halnya jika cirrhosis-nya pada seluruh bagian liver bisa menyebabkan Liver lumpuh dan berakhir dengan gagal Liver.

Jenis-Jenis dan Penyebab Liver

  • Penyakit Liver Terkait Alkohol. Penyebab penyakit Liver ini adalah kebiasaan mengonsumsi alkhol selama bertahun-tahun.
  • Perlemakan Hati. Dalam kondisi normal, sel-sel hati seharusnya hanya mengandung sedikit lemak, namun pada penyakit ini terdapat penumpukan lemak yang berlebihan.
  • Hepatitis. Hepatitis merupakan penyakit liver yang muncul akibat peradangan pada jaringan hati. beberapa jenis hepatitis tergolong ringan dan dapat sembuh dengan sedirinya.
  • kanker Hati. kanker hati ini merupakan jenis kanker yang awal munculnya adalah pada organ hati. terdapat beberapa jenis kanker hati, yaitu hepatocellular carcinoma (HCC), hepatoblastoma, dan cholangiocarcinoma. HCC merupakan bentuk yang paling sering terjadi.
  • Penyakit Liver yang Diturunkan. Penyakit ini disebabkan oleh kelainan genetik yang menyebabkan gangguan fungsi organ hati. Dua jenis penyakit liver genetik yang paling dikenal adalah hemokromatosis dan defisiensi alfa-1, defisiensi merupakan penyakit akibat kekurangan protein yang diproduksi dalam satu hati unruk melindungi jaringan paru-paru dari kerusakan.

Pengobatan Liver

  • Temulawak

Adalah zat yang terkandung dalam rimpang temulawak yang mampu melindungi hati dari peradanga. zat aktif curcumin ini berkhasiat sebagai anti inflamasi dan anti hepatotoksik untuk menjaga kesehatan orangan hati dari radang. selain itu, mengonsumsi ekstrak tumulawak dapat mengatasi gangguan lambung, asam urat, dan menambah selera makan membersihkan perut.

  • Sambiloto

Tanaman ini ampuh merusak inti sel tumor, meningkatkan daya tahan tubuuh dan infeksi, serta merangsang fagositosis yaitu kemampuan sel dalam bekerja membunuh benda asing seperrti bakteri dan virus dalam tubuh.

Pencegahan Liver

  • Tidak mengonsumsi minuman beralkohol.
  • Menjaga berat badan normal sesuai dengan indeks massa tubuh.
  • Mencegah terjadinya hepatitis dengan cara mengikuti program vaksinasi virus hepatitis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *