Pengobatan Dan pencegahan Hemofilia

Apotik Hidup Herbal Manfaat Pengobatan Secara Tradisional Penyakit Uncategorized

Pengertian Hemofilia

Hemofilia adalah gangguan pada sistem pembekuaan darah. Kondisi ini membuat tubuh kekurangan protein yang dibutuhkan dalam proses pembekuaan darah. Protein ini lazim sering di sebut faktor pembekuaan. Dengan begitu, ketika seseorang mengalami luka, pendarahannya bisa berlangsung lebih lama jika dibandingkan dengan kondisi tubuh normal. Hemofilia sendirinya merupakan penyakit keturunan yang sebenarnya cukup langka.

Faktor Risiko Hemofilia

Seperti penjelasan sebelumnya, Hemofilia merupakan penyakit yang disebabkan oleh kelainan genetik yang di wariskan dari keluarga. Oleh karena itu, jika seseorang memiliki anggota keluarga yang memiliki gangguan penggumpalan darah genetik, atau Hemofilia, maka dirinya berpulang mengembangkan penyakit ini.

Penyebab Hemofilia

Penyebab utama Hemofilia merupakan masalah pada agen, alias mutasi genetik yang membuat tubuh tak cukup memiliki faktor pembekuaan tertentu.

Gejala Hemofilia

Gejala utama Hemofilia sebenarnya sangat kentara. Seseorang yang mengidap penyakit ini biasanya ditandai dengan gejala pendarahan yang sulit berhenti. Di samping itu, gejala Hemofilia juga bisa di tandai dengan kulit yang mudah memar, pendarahan di area sekitar sendi, dan kesemutan atau rasa nyeri ringan pada siku, lutut, dan pergelangan kaki.

Bagi pengidap Hemofilia sebaiknya mewaspadai akan terjadinya pendarahan intrakrsnial atau pendarahan di dalam tengkorak kepala. Kondisi ini umumnya terjadi ketika pengidap Hemofilia mengalami gejala berupa muntah, leher tegang, sakit kepala yang hebat, penglihatan berbayang, hingga kelumpuhan di sebagian serta keseluruhan otot wajah.

Komplikasi Hemofilia

Dalam beberapa kasus, Hemofilia bisa menyebabkan berbagai komplikasi seperti kerusakan sendi, pendarahan internal (pendarahn dalam otot), sehingga infeksi terutama saat melakukan transfusi darah.

Pengobatan Hemofilia

Mengobati penyakit hemofilia dengan di berikan ekstrak teh-tehan, karena ekstrak teh-tehan dapat mengobati luka.

Pencegahan Hemofilia

  • Berhati-hati atau sebisa mungkin hindari olahraga yang melibatkan kontak fisik. Contohnya sepak bola, basket, dan olahraga lainnya.
  • Menjaga kebersihan gigi agar terhindar dari penyakit gigi dan gusi dapat menyebabkan pendarahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *