Pengetian Gondongan, Penyebab, dan Cara Pengobatan Secara Alami

Gondongan adalah pembengkakan yang terjadi pada kelenjar parotis akibat infeksi virus. Kelenjar parotis merupakan suatu kelenjar yang berfungsi untuk memproduksi air liur dan terletak tepat di bawah telinga. Saat terjadi gondongan, bagian sisi wajah penderita akan terlihat membesar. Penyakit gondongan merupakan penyakit menular yang umumnya diderita oleh anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh virus dari keluarga paramyxovirus.

Penyebaran virus gondongan bisa terjadi melalui percikan ludah yang dikeluarkan oleh penderita gondongan ketika batuk atau bersin. Orang yang sehat dapat tertular dgondongan apabila percikan tersebut masuk ke hidung atau mulut mereka, baik secara langsung ataupun lewat perantara. Misalnya akibat berbagi peralatan makan dengan penderita atau menyentuh permukaan benda-benda yang sudah terkontaminasi virus dari sipenderita.

Gondongan dapat menyebar dalam waktu beberapa hari. Karena itu, upaya pencegahan pperlu dilakukan sedini mungkin. Caranya adalah dengana menghindari kontak langsung dengan penderita dan menjalani imunisasi, terutama bagi anak-anak di atas usia satu tahun.

Gejala Gondongan

Gejala gondongan biasanya baru akan muncul 14-25 hari setelah infeksi virus terjadi. Gejala gondongan ditangai dengan pembengkakan kelenjar parotis yang membuat sisi wajah tampak membengkak. Pasca pembengkakan kelenjar parotis, gejala lainnya akan mulai berkembang. Di antaranya adalah:

  • Nyeri perut
  • Nyeri sendi
  • Mulut kering
  • Hilang nafsu makan
  • Sakit kepala
  • Lelah
  • Demam dengan suhu lebih dari 38 derajat Celcius
  • Nyeri saat mengunyak atau menelan makanan


Penyabab Gondongan

PSeperti yang telah disebutkan diatas, gondongan disebabkan oleh kelompok birus bernama paramyxovirus. Saat masuk ke dalam saluran pernapasan melalui hidung, mulut, atau tenggorokan, virus tersebut akan menetap, berkembang biak, dan menginfeksi kelenjar parotis sehingga kelenjar tersebut bengkak.

Penularan virus gondongan dari sipenderita kepada orang sehat dapat terjadi dengan sangat cepat. Masa rawan penularan terutama adalah beberapa hari sebelum kelenjar parotis penderita bengkak sampai lima hari setelah pembengkakan muncul.

Cara Menyembuhkan Gondongan Dengan Bahan Alami

1. Lendir Lidah Buaya

Kebanyakan dari kita mungkin sudah mengetahui khasiat lidah buaya untuk kulit dan rambut. Namun, sebenarnya lidah buaya juga bermanfaat untuk mengobati gondongan. Secara efektif, bahan alami ini akan membuat rasa sakit menjadi lebih ringan.

2. Air Putih

Pada saat Anda terserang gondongan Anda akan kehilangan nafsu makan termasuk minum air putih. Padahal, dengan meminum banyak air putih dapat membantu mecegah dehidrasi selama demam yang kamu alami saat gondongan. Kebutuhan cairan yang terpebuhi dengan baik juga dapat membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh Anda.

3. Jahe

Anda tentu tahu bagaimana efektifnya rempah satu ini untuk mengatasi gangguan batuk, sakit tenggorokan, dan masuk angin. Rasanya yang pedas dan efek hangatnya akan memberikan rasa aman dan nyaman. Jahe pun ternyata bagus untuk ddijadikan sebagai obat penyembuhan gondongan.

4. Madu

Ketahuilah lebih dulu cara membedakan madu asli dan palsu, supaya kamu dapat membeli yang benar-benar murni. Madu murni tidak hanya baik untuk kesehatan kulit, tetapi juga untuk penyakit organ dalam kronis. Infeksi virus yang menyerang air liur juga dapat diatasi dengan madu.

5. Selada Air

Kamu dapat mencoba mengobati gondongan dengan menggunakan selada air. Bahan ini bukanlah hal yang sulit dijumpai, karena setiap kali kamu makan sandwich dan burger, selalu ada selada di dalamnya. Rupanya, selada air pun dapat menyembuhkan gondongan secara efektif.

Post Author: Fiqri Reinaldi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.