Pengertian Penyakit Sipilis Pantangan dan Anjuran Makanan Bagi Penderita Sipilis

Sipilis atau raja singa adalah infeksi yang di sebabkan oleh bakteri bernama Treponema pallidum. Sipilis adalah salah satu infeksi menular seksual (IMS). Umumnya, infeksi ini menyebar melalui hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi. Selain melalui hubungan intim, bakteri penyebab sipilis juga bisa menyebar melalui pajanan cairan tubuh penderitanya, misalnua melalui darah.

Pada umumnya, kontak langsung terjadi melalui hubungan seksual. Hubungan seksual ini bisa berbentuk seks vaginal, anal, maupun oral. Selain itu, berbagi jarum juga bisa menularkan infeksi penyakit ini, baik pada pengguna narkoba suntik maupun pada penyuka seni merajah tubuh, misalnya tato dan menindik telinga.

Penularan sipilis juga bisa terjadi dari seorang wanita hamil kepada bayi yang di kandungannya. Kondisi ini di kenal sebagai sipilis kongenital. Kematian bayi di dalam kandungan bisa terjadi karena infeksi ini.

Bakteri penyebab sipilis tiddak bisa bertahan lama di luar tubuh manusia, dan penyakit ini tidak dapat ditularkan lewat cara di bawah ini :

  • Memakai toilet yang sama dengan pengidap sipilis.
  • Berbagai peralatan makan yang sama.
  • Memakai pakaian yang sama.
  • Berbagi kolam renang ataupun kamar mandi yang sama.

Segera tanyakan kepada dokter atau klinik spesialis penyakit kelamin jika terdapat kemungkinan bahwa anda telah terinfeksi sipilis. Jika sipilis di tangani dan diobati dengan cepat, kompilasi berbahaya bisa di hindari. Peluang untuk sembuh sepenuhnya juga semakin besar.

Awalnya, dokter akan menanyakan keluhan seputar gejala yang anda alami sebelum melakukan pemeriksaan fisik secara keseluruhan, Terutama pemeriksaan di sekitar alat kelamin dan juga anus. Mereka juga akan memeriksa ruam dan kulit tumbuh pada mulut dan tenggorokan. Selain itu, dokter mungkin akan menyarankan anda untuk melakukan beberapa tes di bawah ini:

Tes darah

Setelah pemeriksaan fisik selesai, selanjutnya di lakukan tes darah untuk memastikan keberadaan infeksi sipilis di dalam tubuh pasien. Tes darah bisa mendeteksi adanya antibodi yang di hasilkan oleh tubuh untuk melawan sipilis. Antibodi terhadap bakteri sipilis akan tetap berada di tubuh selama bertahun-tahun.

Salah satu tes darah yang spesifik untuk mendeteksi bakteri Treponema pallidum adalah Treponemal Antibody Test. Orang dengan hasil tes yang positif hampir pasti akan terdiagnosa menderita sipilis. Namun, tes ini akan tetap memberikan hasil positif bertahun-tahun setelah sipilis diobati. Maka dari itu,untuk menentukan apakah seseorang menderita sipilis pada saat ini atau pada masa lampau, diperlukan pemeriksaan tambahan yang di sebut RPR (Rapid Plasma Reagin). Orang yang sedang menderita sipilis akan menunjukan hasil Treponemal Antibody Test positif disertai RPR positif.

Infeksi sipilis sangat berbahaya bagi bayi di dalam janin atau bayi yang baru saja dilahirkan. Oleh sebab itu, wanita hamil disarankan untuk melakukan tes darah untuk sipillis. Tes ini biasanya dilakukan ketika usia kehamilan berada di antara tiga sampai lima bukan. Jika diagnosis sipilis sudah dipastikan, perawatan dan pengobatan bisa di lakukan secepatnya.

Pemeriksaan cairan luka atau tukak

Jika terdapat luka, dokter akan mengambil sedikit cairan dari luka sebagai sampel untuk dianalisis di laboratorium. Tes isi hanya bisa digunakan untuk sipilis primer atau sekunder, yaitu ketika terdapat luka atau tukak. Sampel cairan bisa menunjukkan apak ada bakteri yang menyebabkan sipilis

ANJURAN BAGI PENDERITA SIPILIS

Setia dengan pasangan merupakan cara paling ampuh untuk mencegah infeksi sipilis. Penggunaan kondom bisa dilakukan sebagai langkah pengaman alternatif dalam upaya mengurangi risiko penularan sipilis, terutama di kalangan pekerja seksual. Meski begitu, alat kontrasepsi ini terbatas dalam mencegah penularan. Sipilis masih bisa menular lewat seks oral. Hal ini terjadi ketika mulu bersentuhan langsung dengan luka pada organ intim seksual yang sudah terinfeksi.

Sangat penting untuk memakai kondom pada saat melakukan hubungan seks oral. Vagina, maupun anal. Gunakan dental dam ketika melakukan seks oral. Dental dam adalah selembar kain dari lateks. Alat ini berfungsi sebagai penghalang antara mulut dan organ intim sehingga penularan infeksi seksual bisa di cegah.

Jangan berhubungan seksual secara oral, vagina, maupun anal hingga pengobatan sipilis selesai dilakukan dengan siapapun. Ini karena anda akan berisiko terinfeksi lagi jika berhubungan dengan prang yang memiliki banyak pasangan seksual atau justru anda bisa menularkan infeksi ke orang lain.

Spilis juga bisa menular tanpa harus melalui hubungan seks. Jika anda pengguna narkoba suntik atau penggemar seni merajah tubuh (seperti tindik dan tato), jangan pernah berbagi jarum suntik dengan orang lain. Anda di sarankan untuk selalu memakai jarum yang telah di sterilkan.

Yang terakhir namun tidak kalah pentingnya, penting bagi ibu hamil, terutama yang memiliki riwayat terjangkit sipilis sebelumnya untuk melakukan tes darah guna mendeteksi sipilis. Tes ini biasanya dilakukan ketika usia kehamilan berada diantara tiga sampai lima bulan dan akan diulang secara berkala apabila hasilnya positif.

PANTANGAN MAKANAN BAGI PENDERITA SIPILIS

Sebenarnya tidak ada makanan khusu bagi penderita penyakit sipilis, namun untuk membantu mempercepat proses penyembuhan atau pengobatan, berikut ini adalah salah satu contoh makanan yang perlu di hindari :

  • Semua jenis daging, ikan dan seafood
  • Telur
  • Kacang-kacangan seperti kacang tanah
  • Jika anda salah satu pecinta kopi, untuk sementara hindari minum kopi dan susu.
  • Kobis, Mentimun, dan Kacang Panjang.

Demikian anjuran dan pantangan makanan bagi penderita penyakit sipilis.

Post Author: Fiqri Reinaldi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.