Pengertian Penyakit Herpes, Gejala, Penyebab, dan Cara Penyembuhan Secara Alami

Penyakit herpes adalah infeksi yang disebabkan oleh virus herpes. Virus herpes sendiri terdiri dari delapan jenis tapi hanya dua jenis virus yang paling umum terjadi yaitu herpes simpleks dan juga zoster.

Herpes simpleks termasuk ke dalam jenis penyakit kelamin jadi sering dikenal dengan sebutan herpes genital atau kelamin. pada herpes genital, ada dua jenis virus yang menyerang yaitu:

  • HSV-1, dikenal dengan herpes oral yang bisa menyebabkan luka dan benjolan yang melepuh di sekitar mulut dan juga wajah.
  • HSV-2, termasuk ke dalam golongan herpes genital (kelamin) dan biasanya muncul di kelamin bagian luar serta daerah sekitar anus.

Selain herpes simpleks, herpes zoster termasuk salah satu penyakit akibat virus herpes. Herpes zoster adalah penyakit herpes yang disebabkan oleh virus varicella zoster.

Penyakit herpes zoster biasanya ditandai dengan ruam kemerahan pada kulit yang menyebabkan rasa sakit dan terbakar. Herpes zoster disebut juga dengan cacar ular atau cacar api karena akan muncul lepuhan pada kulit berupa garis atau area kecil disalah satu sisi wajak atau tubuh dan rasanya cukup panas seperti terbakar.

Biasanya herpes zoster didahului riwayat pernah mengalami cacar air, kemudian muncul kembali pada saat daya tahan tubuh menurun.

Gejala Penyakit Herpes

Saat seseorang terinfeksi herpes simpleks, biasanya gejala akan muncul setelah berbulan-bulan hingga bertahun-tahun terinfeksi. Di awal kemunculannya, tubuh akan menunjukkan berbagai gejala seperti:

  • Keputihan
  • Tidak enak badan
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Kelenjar getah bening membengkak
  • Lecet dan luka pada alat kelamin bagian luar
  • Nyeri pada saat buang air kecil
  • Lepuhan merah berisi air di sekitar mulut, anus, atau alat kelamin

Umumnya, orang yang terkena herpes simpleks akan mengalami gejala yang terus kambuh secara berulang. Namun, gejala pada infeksi berulang cenderung lebih ringan dan tidak berlangsung lebih dari 10 hari. Beriku berbagai gejala yang di tunjukkannya:

  • Adanya lecet dan luka pada serviks
  • Luka lepuhan sekitar mulut yang berisi cairan dan berwarna kemerahan
  • Rasa terbakar atau kesemutan di sekitar alat kelamin sebelum luka lepuhan yang berisi air kembali muncul.

Penyebab Penyakit Herpes Simpleks

Penyakit herpes simpleks termasuk penyakit menular yang bisa ditularkan dari satu orang ke orang lainnya melalui kontak langsung dengan daerah yang terinfeksi.

Selain melalui mulut, anus, dan kelamin, virus juga dapat menyebar melalui area kulit lainnya serta mata. Namun, Anda tidak akan terinfeksi virus hanya dengan menyentuh barang-barang atau area yang telah disentuh dan dipakai oleh orang yang terinfeksi virus herpes simpleks.

  • Menghubungkan mainan seks secara bergantian
  • Berciuman dengan orang yang memiliki ruam akibat herpes di sekitar mulutnya
  • Hubungan seks vagina atau anak tanpa kondom
  • Melalui kelahiran jika ibu dengan herpes genital memiliki luka saat melahirkan
  • Melakukan seks oral dengan orang yang memiliki luka dan ruam akibat herpes di sekitar mulutnya

Penyebab Penyakit Herpes Zoster

Penyakit ini disebabkan oleh virus varicella zoster, yakni virus yang juga menyebabkan cacar air. Penyakit herpes zoster umumnya akan muncul pada orang yang pernah mengalami cacar air.

Virus biasanya dapat hidup dalam sistem saraf selama bertahun-tahun. Pada sebagian orang, virus akan tetap tidur tetapi pada sebagian lainnya akan bangun dan diaktifkan kembali.

Biasanya, virus akan kembali muncul saat Anda memiliki penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh, seiring dengan penuaan, menjalani kemoterapi atau radiasi, dan mengonsumsi obat yang melemahkan sistem kekebalan. Oleh karena itu, penyakit herpes zoster bisa muncul lebih dari satu kali.

Berbeda dengan herpes simpleks, Anda tidak akan tertular virus ini dari kontak langsung dengan orang lain. Namun, jika Anda belum pernah terkena maupun divaksin cacar air, ada kemungkinan untuk tertular dari orang yang sedang sakit herpes zoster.

Cara Pengobatan Herpes Secara Alami

Meski penyakit herpes bisa sembuh dengan sendirinya siring membaiknya daya tahan tubuh namun waktu penyembuhannya belum bisa dipastikan. Penyembuhan yang lambat akan semakin membuat tubuh semakin tersiksa.

Sebaiknya anda menggunakan obat penyakit herpes yang alami untuk menyembuhkan penyakit tersebut hingga tuntas. Obat penyakit herpes alami berikut bisa membunuh virus penyebab herpes dengan cepat. Berikut beberapa obat penyakit herpes :

Tanaman Dewa Merah

Tanaman dewa merah merupakan tanaman herbal kaya antibiotik yang bisa membunuh virus dengan mudah. itulah mengapa tanaman dewa merah sangat tepat untuk mengobati herpes. Selain penyakit herpes tanaman dewa merah juga bisa mengobati berbagai penyakit luar seperti luka gores, sariawan, dan luka bakar.

Daun Binahong

Daun binahong menjadi salah satu obat penyakit herpes yang cukup ampuh. Daun ini juga kaya kandungan antibiotik yang baik untuk membunuh virus. Virus penyebab herpes juga bisa dihilangkan dengan menggunakan daun binahong.

Jintan Hitam

Jintan hitam atau lebih dikenal dengan nama habbatusauda ini sering digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Jintan hitam juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga sangat cocok untuk melawan penyakit herpes. Selain itu jintan hitam juga kaya antioksidan yang dapat membantu melawan virus penyebab herpes.

Bawang Putih

Menggunakan bawang putih juga bisa menjadi salah satu obat penyakit herpes yang alami. Bawang putih memang terkenal dengan manfaatnya yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit berbahaya. Salah satunya penyakit herpes.

Bawang putih kaya akan antibiotik yang baik mengobati herpes. Antibiotik tersebut akan membantu membunuh virus tersebut.

Hindari Sinar Matahari dan Angin

Jika anda mengalami penyakit herpes sebaiknya tetap berada di dalam ruangan karena berada diluar ruangan di bawah sinar matahari serta terkena angin secara langsung akan membuat herpes semakin memburuk.

Tetap tinggal dirumah juga akan mencegah penularan penyakit ini kepada orang lain. Sebaiknya anda menghindari sinar matahari dan angin langsung agar penyakit herpes bisa segera sembuh.

Post Author: Fiqri Reinaldi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.