Pengertian Kanker Pankreas, Gejala dan Penyebab Kanker Pankreas

Pengertian Kanker Pankreas, Gejala dan Penyebab Kanker Pankreas

Kanker pankreas adalah penyakit dimana adanya peningkatan jumlah sel abnormal di dalam pankreas. Pankreas adalah sebuah kelenjar yang terletak di belakang perut dan tepat di depan tulang belakang. Pankreas berperan dalam membantu mencerna makanan, dan memproduksi berbagai macam hormon termasuk insulin untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Apabila dideteksi lebih awal, kanker pankreas dapat diobati secara efektif. Tetapi karena gejala-gejala kanker tersebut jarang terlihat, kanker pankreas lebih sulit untuk dideteksi lebih awal.

Biasannya semakin tua umur seseorang, semakin besar risiko terkena kanker pankreas. Pengidap kanker ini kebanyakan berumur 45 tahun ke atas. Kurang lebih 2/3 dari pengidap kanker ini berumur 65 tahun ke atas, yaitu sekitar umur 71. Perempuan biasanya lebih banyak terkena kanker pankreas daripada laki-laki. Kanker ini bisa dicegah dengan cara meminimalisasi faktor risikonya.

Tanda-tanda & Gejala Kanker Pankreas

Gejala kanker pankreas tahap awal :

  • Depresi
  • Mata menguning
  • Penggumpalan darah
  • Urin berwarna kuning gelap
  • Badan terasa sakit
  • Badan terasa lemah dan lelah
  • Nafsu makan berkurang
  • Nyeri pada bagian belakang badan

Penyebab Kanker Pankreas

Para peneliti belum bisa memastikan apa saja penyebab pasti dari kanker pankreas. Menurut beberapa dokter, kanker pankreas muncul ketika adanya perubahan DNA dalam sel. Sel-sel yang bermutasi tersebut memperbanyak diri dan tumbuh secara cepat. Sel-sel tersebut kemudian bersatu, menjadi tumor yang menyebabkan kanker, menjangkit sel sekitarnya dan menyebar ke bagian tubuh lainnya (kanker idiosinkratik). Kebanyakan kanker pankreas berasal dari sel-sel yang terdapat pada lapisan dalam dari saluran-saluran pankreas. Jenis kanker ini disebut dengan pankreas karsinoma atau kanker pankreas eksokrin. Pada kasus lain yang jarang terjadi, kanker ini terbentuk dalam sel-sel pankreas yang memproduksi hormon, kasus ini disebut dengan islet cell cancer atau kanker pankreas endoktrin.

Leave a Comment