Pengertian Hipertiroid, Penyebab dan Cara Pengobatan Alami

Hipertiroid adalah kondisi di mana kelenjar tiroid terlalu aktif memproduksi hormon tiroid. Akibatnya, kadar hormon tiroid dalam darah sangat tinggi.

Kelenjar tiroid adalah organ berbentuk seperti kupu-kupu yang terletak persis dibawah jakun. Organ ini berfungsi memproduksi hormon tiroid. Hormon tiroid sendiri sangat penting dalam proses metabolisme makanan menjadi energi, juga untuk mengendalikan pertumbuhan tubuh. Manfaat lain hormon tiroid yang tidak kalah penting adalah mengatur suhu tubuh, memperngaruhi denyut jantung, dan mengontrol produksi protein.

Penyebab Tubuh Terserang Tiroid

Penyebab tersering hipertiroid adalah penyakit Grave’s. Penyakit imi timbul karena sistem kekebalan tubuh manusia menyerang kelenjar tiroid, sehingga timbul respon berupa produksi hormon tiroid dalam jumlah sangat banyak. Penyakit Grave’s biasanya mengenai mereka yang saling bertalian darah.

Disamping penyakit Grave’s, hipertiroid juga dapat disebabkan oleh pembengkakan kelenjar tiroid atau pembentukan benjolan pada kelenjar tiroid. Penyebab lain hipertiroid adalah infeksi kelenjar tiroid oleh virus atau bakteri, keadaan ini disebut tiroiditis. Selin itu, hipertiroid dapat juga diakibatkan oleh pertumbuhan sel kanker didalam kelenjar tiroid.

Gejala Hipertiroid

Gejala hipertiroid dapat menyerupai gejala penyakit lain, sehingga kadang-kadang sulit untuk didagnosis. Selain itu, gejala hipertiroid sangat banyak dan beragam, diantaranya adalah :

  1. Berat badan turun meskipun nafsu makan dan jumlah makanan yang dimakan tidak mengalami perubahan
  2. Denyut jantung lebih cepat (>100 kali/menit), tidak beraturan, dan kadang-kandang muncul perasaan berdebar-debar
  3. Timbul rasa gugup, cemas, dan gampang tersinggung
  4. Kelenjar gondok membesar
  5. Bagi wanita, pola haid berubah-ubah
  6. Turun keringat berlebihan
  7. Sensitif terhadap suhu panas
  8. Susah tidur
  9. Kulit terlihat menipis dan rambut menjadi rontok
  10. Tangan atau ujung jari gemetar.

 

Cara Penyembuhan Secara Alami

Makan makanan yang tepat

1. Tingakatkan jumlah sayuran dan buah dalam pola makan

Kapan saja jika memungkinkan, pilihan untuk makan bahan makanan lokal, musiman, dan organik semkain segar maka semakin bagus untuk tubuh. Makanan apa pun lebih baik daripada tidak ada makanan, bahkan buah dan sayuran bermanfaat untuk kesehatan.

2. Minumlah air yang banyak

Pastikan selalu agar tubuh tetap terpenuhi asupan cairan dengan air. Hal ini membantu tubuh berfungsi dengan tepat dan akan membuat Anda tetap merasa sehat secara keseluruhan.

3. Batasi asupan daging

Cobalah untuk makan sedikit daging, khususnya daging merah. Jika Anda makan daging, pastikan dagingnya tanpa lemak (lebih disukai yang memakan rumput, karena ternak seperti ini memiliki perbandingan lemak omega 3 dan omega 6 yang lebih alami) dan daging unggas tanpa kulit.

4. Kurangi asupan gula

Untuk menjaga agar tingkat gula darah tetap rendah, pilihlah karbihidrat kompleks, seperti gandum utuh. Hindari gula dan penggantu gula. Gula sederhana, seperti gula pasir atau sirup jagung fruktosa, seperti narkoba yang membuat kecanduan. Coba gunakan rempah daun stevia sebagai pengganti gula jika Anda kesuliran berhenti mengkonsumsi gula.

5. Masukan konsumsi kacang-kacangan dan legum

Legum termasuk makanan-makanan seperti miju-miju danĀ  mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan tiroid untuk membuat hormon tiroid. Makan-makanan ini juga merupakan sumber protein yang baik untuk orang-orang yang berhenti atau terbatas mengkonsumsi daging.

 

Olahraga dan intirahat

1. Cobalah ikuti kelas kebugaran.

Jika Anda kesulitan memotivasi diri untuk berolahraga, cobalah bergabung dengan kelas kebugaran. Ada beberapa cara memelihara kesehatan, seperti mengikuti yoga, taici, dan qigong, yang merupakan pilihan yang sangat bagus agar aktif dan uga melindungi kelenjar tiroid.

2. Menggunakan visualisasi menggunakan sistem chakra.

Duduklah dengan tenang dan visualisasikan cahaya biru masuk kedalam tubuh didaerah tiroid. Setiap kali bernapas, cahaya menjadi lebih terang dan lebih biru. Ketika mengeluarkan napas, cahayanya meredup sedikit. Lakukan visualisasi dalam pikiran selama mungkin, namun cobalah setidaknya 5 menit sehari.

3. Pahami pentingnya olahraga untuk fungsi tiroid

Berolahragalah selama 30 menit setiap hari. Olahraga tidak harus yang berat atau dilakukan dipusat kebugaran agar efektif. Berjalan kaki cepat selama 30 menit sehari sudah cukup untuk menciptakan perbedaan pada kesehatan. Anda bisa meningkatkan kecepatan atau jarak berjalan jika merasa perlu mengintensifkan rutinitas olahraga.

4. Kurangi tingkat stres

Identifikasikan hal-hal yang membuat stres dalam kehidupan dan berusahalah untuk mengurangi efeknya pada diri Anda. Anda mungkin harus membuat pilihan-pilihan berat tentang kewajiban yang telah disepakati dimasa lalu demi kesehatan. Pelajari teknik meditasi seperti pernapasan, visualisasi, atau bernapas dengan berhitung.

5. Perbanyak istirahat

Pastikan Anda tidur cukup dimalam hari dan beristirahat yang cukup disiang hari. Tiroid sangat sensitif dengan setres karena ini adalah salah satu kelenjar yang merespon terhadap stres. Karena hal ini, tiroid memerlukan waktu untuk diperbarui. Beristirahat dan relaksasi memberikan waktu yang diperlukan bagi tiroid.

 

Post Author: Fiqri Reinaldi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.