Pengertian Dehidrasi, Penyebab dan Ciri-ciri Dehidrasi Pada Tubuh

Pengertian Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang di dapatkan, shingga keseimbangan zat gula dan garam menjadi terganggu, akibatnya tubuh tidak dapat berfungsi secara normal.

Kandungan air di dalam tubuh manusia yang sehat adalah lebih dari 60% total berat badan. Kandungan air yang ideal di dalam tubuh berfungsi untuk membantu kerja sistem pencernaan, mengeluarkn kotoran dan racun di dalam tubuh berfungsi untuk membantu kerja sistem pencernaan, mengeluarkan kotoran dan racun dari dalam tubuh, sebagai pelumas dan bantalan untuk persendian, melembapkan jaringan-jaringan pada telinga, tenggorokan, dan juga hidung, serta sebagai media transportasi nutrisi untuk sel-sel tubuh dan menjaga kulit tetap sehat.

Dehidrasi terkadang dianggap sebagai permasalahan kondisi tubuh yang tidak perlu ditangani secara serius, dan kebanyakan anak-anak dan remaja menganggapnya sebagai haus biasa. Namun, jika gejala awal dehidrasi tidak ditangani dengan baik, dapat mengganggu fungsu tubuh. Beberapa tanda-tanda dari gejala dehidrasi adalah:

  • Merasahaus dan pusing
  • Mulut dan kulit kering.
  • Kelelahan.
  • Jarang buang air kecil.
  • Urine berwarna lebih gelap, serta berbau lebih kuat.

Jika dehidrasi terjadi pada bayi, gejala awal yang bisa diperhatikan adalah ubun-ubun bayi akan cekung, tidak mengluarkan air mata ketika menangis, popok tetap kering setelah beberapa jam, kurang aktif, rewel, dan mudah mengantuk.

Penyebab Dehidrasi

Dehidrasi disebabkan oleh kekurangan asupan cairan dalam tubuh, atau tubuh lebih banyak kehilangan cairan daripada asupan. Cairan yang ada didalam tubuh bisa terbuang melalui urine, muntah-muntah, diare, keringat, dan air mata. Selain itu, cuaca, olahraga, dan makanan akan sangat mempengaruhi tingkat keparahan dehidrasi.

Dehidrasi dapat terjadi pada setiap orang, namun terdapat beberapa kelompok orang yang lebih mudah terkena dehidrasi akibat risiko yang mereka miliki. Kelompok orang yang berisiko mengalami dehidrasi adalah:

  • Bayi dan anak-anak, lebih rentan mengalami dehidrasi karena tubuh mereka yang kecil membuat tubuh mereka lebih peka terhadap perubahan kadar air dan mineral. kelompok ini juga sering mengalami diare.
  • Orang tua, menjadi kurang perhatian terhadap minum air dan rasa haus. Apalagi orang tua yang memiliki masalah dengan ingatan.
  • Atlet, akan kehilangan banyak cairan tubuh yang keluar melalui keringatnya. Semua yang berolahraga bisa mengalami dehidrasi. Makin lama berolahraga, makin sulit untuk tetap terhidrasi. Terutama pelari, atlet balap sepeda, dan pemain sepak bola.
  • Orang yang berolahraga ditempat yang panas dan lembap. Saat udara panas dan lembap risiko dehidrasi dan sakit meningkat. Saat udara lembap, keringat bisa menguap dan mendinginkan anda seperti keadaan normal, ini akan mengingkatkan suhu tubuh dan kita butuh lebih banyak cairan.
  • Orang yang tinggal, bekerja, dan berolahraga di dataran tinggi. Mereka berpotensi mendapatkan beberapa masalah kesehatan, salah saatunya adalah dehidrasi. Dehidrasi terjadi ketika tubuh berusaha beradaptasi dengan ketinggian denganĀ  cara lebih banyak buang air kecil dan berpanas cepat.
  • Mengalami diare atau muntah-muntah. Kedua kondisi ini bisa disebabkan oleh bermacam-macam penyakit, serta menyebabkan hilangnya cairan tubuh dalam jumlah yang cukup banyak dalam waktu yang singkat.
  • Mengalami keluarnya keringat secara berlebihan. Demam, olahraga, serta aktivitas berat seperti mengangkut beban berat atau pekerja kasar yang bekerja ditempat panas bisa terserang dehidrasi karena banyaknya keringat yang dikeluarkan. Sangat penting untuk minum air secara teratur untuk menggantikan cairan yang terbuang. Anak-anak dan remaja lebih berisiko mengalami dehidrasi mereka tidak paham gejala-gejalanya.
  • Menderita penyakit kronis (jangka panjang). Menderita diabetes yang tidak terkontrol berisiko mengalami dehidrasi. Akibat tingginya kadar gula, tubuh akan menghasilkan banyak urine dengan tujuan untuk membuangnya. Karena terlalu sering buang air kecil, maka tubuh berisiko mengalami dehidrasi. Penyakit lain yang menyebabkan dehidrasi adalah gagal ginjal dan penyakit jantung.
  • Kecanduan alkohol. Alkohol bersifat diuretik, sehingga akan menjadikan penderita lebih sering buang aur kecil. Dehidrasi bisa terjadi jika terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol.

 

Ciri-Ciri Tubuh Dehidrasi

Dehidrasi dapat menyerang siapa pun dan dapat sangat berbahaya, khususnya bagi anak-anak dan orang lanjut usia. Sebelum terlambat, segera tangani apabila Anda mengalami ciri-ciri tubuh dehidrasi berikut ini.

 

Konstipasi

konstipasi, atau dikenal juga dengan sembelit, adalah kondisi tubuh yang sulit untuk buang air besar secara tuntas dan teratur. Normalnya, seseorang perlu buang air besar sebayak 3 kali dalam seminggu. Jika kurang dari itu, tandanya Anda kemungkinan mengalami konstipasi. Selain akibat kurang minum, konstipasi juga dapat disebabkan oleh kurangnya konsumsi serat, efek samping obat-obatan, serta gangguan mental. Untuk mengatasi kondisi ini, Anda perlu meningkatkan konsumsi serat, rajin minum air putih, dan rutin berolahraga.

 

Kulit Terasa Kering

Kurangnya cairan pada tubuh juga dapat berpengaruh tehadap kulit tubuh. Coba perhatikan kulit tubuh Anda, apa terlihat pecah-pecah, kusam, dan kring sepanjang waktu? Jika iya, sudah waktunya Anda minum air putih yang banyak. Selain terlihat secara penampilan, Anda dapat melakukan tes pada kulit untuk mengetahui apakah tubuh Anda mengalami dehidrasi atau tidak. Caranua adalah dengan mencubit kulit pada punggung tangan. Jika kulit tidak segera kembali ke posisi semula, kemungkinan besar Anda mengalami dehidrasi.

 

Tubuh Terasa Lemas

Sering merasa lelah meskipun sudah beristirahat dengan cukup? Itu dapat menjadi ciri-ciri tubuh dehidrasi. Apa pun bentuknya, cairan tubuh yang sudah dikeluarkan harus segera diganti agar darah menjadi encer dan dapat mengalir dengan mudah.Saat tubuh mengalmi dehidrasi, cairan tubuh yang hilang akan menyebabkan volume darah menurun. Akibatnya, kerja jantung untuk mendorong oksigen dan nutrisi menuju aliran darah menjadi lebih berat. Tubuh yang terasa lemas akibat dehidrasi seringkali berujung dengan sakit kepala sebelah.

 

Mulut kering dan Bau Nafas

Mulut kering dan napas yang bau juga dapat menjadi ciri-ciri tubuh dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan produksi air liur pada tubuh menjadi berkurang. Akibatnya, mulut pun akan terasa kering. Selain itu, Anda juga akan mengalami kondisi napas menjadi bakteri penyebab bau mulut. Kila produksi air liur berkurang, bakteri pada mulut dapat berkembang secara berlebihan.

 

Kram Otot

Sebenarnya, ada banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya kram otot. Namun, jika Anda mengalami kram otot khususnya saat cuaca panas, dehidrasi dapat menjadi salah satu penyebabnya. Berolahraga dan berkeringat tanpa diikuti dengan konsumsi air putih yang cukup dapat membawa bencana bagi tubuh. Darah akan mengental dan menjadi sulit untuk mengalir dengan lancar. Pergerakan darah yang pelan dapat terlambat sampai pada otot dan menyebabkan keram otot. Jangan lupa untuk menjaga hidrasi tubuh dengan baik sebelum berolahraga, ya!

Salah satu kondisi yang berisiko menimbulkan dehidrasi adalah diare, terutama bila ini terjadi pada bayi dan anak-anak. Dehidrasi juga bisa dikaitkan dengan cuaca, aktifitas fisik atau olahraga, pada pola makan. selain diare, dehidrasi juga berisiko muncul pada kondisi muntah-muntah, serta berkeringat berlebihan, misalnya pada saat demam atau berolahraga saat cuaca panas.

Jika merasa mengalami dehidrasi, minumlah banyak acairan. Anda bisa minum air putih atau jus buah yang diencerkan.Tetapi jika mengalami dehidrasi karena diare, jus buah dan susu sebaiknya dihindari. UsahakanĀ ntuk menghindari minuman yang mengandung kafein dan minuman bersoda. Jika tidak tertangani, dehidrasi bisa menyebabkan kejang, kerusakan otak, dan bahkan kematian.

Post Author: Fiqri Reinaldi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.