Pengertian Amnesia, Penyebab dan Cara Pengobatan Secara Alami

Amnesia atau hilang ingatan adalah gangguan yang menyebabkan seseorang tidak bisa mengingat informasi, pengalaman, atau kejadian yang pernah dialami. Selain itu, penderita amnesia juga akan kesulitan dalam membentuk ingatan baru.

Amnesia dapat terjadi tiba-tiba atau berkembang secara perlahan. Kondisi ini bisa menjadi gejala dari suatu masalah kesehatan yang lebih serius. Amnesia sering dikaitkan dengan demensia, yaitu sebuah kondisi yang juga mengganggu daya ingat. Namun, keduanya sebenarnya berbeda. Demensia menyebabkan penurunan fungsi koginitif, dan hal tersebut tidak terjadi pada amnesia.

 

Gejala Amnesia

Berdasarkan gejala yang ditimbulkan, amnesia dapat ke dalam dua jenis, yaitu:

  • Amnesia anterograde. Saat mengalami kondisi ini, penderita sulit membentuk ingatan baru. Gangguan ini dapat bersifat sementara atau permanen.
  • Amnesia retrograde, yaitu jenis amnesia yang menyebabkan penderitanya tidak bisa mengingat informasi atau kejadian yang lalu. Gangguan ini cenderung mempengaruhi ingatan yang baru terbentuk. Sedangkan pada ingatan lama, seperti kenangan masa kecil, gangguannya muncul lebih lambat.

Pada beberapa kasus, penderita amnesia juga dapat mengalami ingatan palsu (konfabulasi), yaitu suatu ingatan yang terbentuk karena kenangan atau berdasarkan kejadian sebenarnya, namun ditempatkan dalam waktu yang salah. Gejala lainnya dari amnesia adalah disorientasi atau kebingungan

 

Penyebab Amnesia

Amnesia dapat terjadi karena kerusakan pada bagian otak yang membentuk sistem limbik yang berperan dalam mengatur ingatan dan emosi seseorang. Beberaoa kondisi yang dapat memicu terjadinya amnesia sebagai berikut :

  • Tumor otak
  • Ketergantungan minuman keras dalam jangka waktu yang lama
  • Penyrynan pasokan oksigen pada otak
  • Kejang
  • Stroke
  • Cedera pada kepala, misalnya pada kecelakaan
  • Trauma psikologis
  • Konsumsi obat-obatan tertentu
  • Ensefalitis atau peradangan otak

 

Cara Penyembuhan Amnesia

Ada beberapa cara mengobati amnesia yang bisa di lakukan :

1. Mengkonsumsi Jeruk

Buah ini merupakan sumber vitamin C yang bisa menjadi salah satu antioksidan dan menjadi penangkal adanya radikal bebas sekalgus memperbaiki sel yang akan tumbuh

2. Mengkonsumsi Apel

Masih dari kelompok buah yaitu apel. Penderita juga bisa memanfaatkan makanan yang baik untuk amnesia sebagai pembantu untuk mengobatinya. Makanan pertama yang bisa membantu adalah apel. Kandungan nutrisi yang ada pada buah apel sudah sangat terbukti biisa mencegah adanya penyakit. Beberapa kandungan nutrisi didalamnya seperti mineral, kalsium, vitamin, fosfor dan masih banyak lagi. Konsumsi buah apel dengan rutin tiap hari di yakini bisa ikut memperbaiki adanya kerusakan pada jaringan otak.

3. Konsumsi Kacang Almond

Konsumsi kacang almond jjuga bisa membantu Anda untuk menyembuhkan dan juga mengembalikan funsi otak sehingga bisa kembali mengingat ingatan yang hilang walaupun membutuhkan waktu cukup lama. Untuk mengobati gejalanya, biasanya penderita amnesia akan dianjurkan untuk mengkonsumsi paling sedikit 20 gram kacang almond

4. Konsumsi Anggur

Buah anggur bisa dimanfaatkan untuk pengobatan amnesia. Anggur akan memperbaiki sel tubuh yang terjadi dan mengurangi gejala amnesia karena didalamnya terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan sangat baik jika dikondumsi dengan rutin setiap hari untuk penderita amnesia atau hilang ingatan.

Post Author: Fiqri Reinaldi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.