Pengertian Ambeien Pantangan dan Anjuran Makanan Bagi Penderita Ambeien

Penyakit pencernaan umumnya akan mengganggu kegiatan atau aktivitas sehari-hari penderitanya. Salah satunya adalah ambeien atau wasir. Penyakit ini akan menyerang pekerja yang di tuntut untuk duduk sepanjang hari, berdiri dalam waktu yang lama, atau bisa juga diderita oleh para ibu yang sedang hamil.

Selain cara pengobatan yang terbaik tapi ada beberapa metode yang harus kita lakukan selama proses penyembuhan yang sedang di lakukan bisa berjalan secara optimal.

Selain cara pengobatan yang terbaik tapi ada beberapa metode yang harus kita lakukan selama proses pengobatan ambeien yang kita lakukan yaitu pola makan yang baik dalam artian kita harus selalu menjaga sesuatu makanan yang dapat memperparah penyakit yang kita derita dan sering juga di katakan sebagai pantangan atau sesuatu yang di larang.

Gejala penyakit ini adalah rasa yang tidak nyaman pada bagian dubur, seperti gatal-gatal, atau buang air besar yang bercampur darah. Sesungguhnya, penakit ini di sebabkan oleh gaya hidup, seperti kurang melakukan olahraga, dan juga makanan yang kurang sehat. Oleh sebab itu, pengobatannya juga harus memperhatikan dua hal ini.

Salah satu penyebab terjadinya ambeien adalah adanya ketidak beresan pada pencernaan, sehingga feses atau kotoran menjadi keras dan akan sulit untuk dikeluarkan, kemudian akan menyebabkan dubur menjadi terluka. Untuk bisa mengurangi penyakit ini maka ada beberapa makanan yang harus dihindari si penderita agar proses penyembuhan bisa berlangsung dengan cepat.

Makanan Anjuran Untuk Penderita Ambeien :

  1. Makanlah makanan yang kaya akan serat
  2. makanlah buah-buahan seperti pisang, buah pir, dll
  3. Perbanyak makan sayuran hijau
  4. 4Rutin melakukan olahraga ringan seperti jogging, senam, dll
  5. Gantilah minuman berwarna anda dengan air putih

Berikut adalah Pantangan Makanan Bagi Penderita Ambeien :

  • Makanan olahan dan daging
  • Dua jenis makanan ini harus di hindari karena tidak mengandung serat, sehingga lebih susah di cerna dan akibatnya kotoran akan menjadi keras
  • Makanan yang banyak mengandung lemak seperti jerohan sebaiknya juga di hindari karena termasuk dalam golongan makanan yang juga membutuhkan waktu yang lama untuk dapat mencernanya.
  • Hindari pula buah yang asam, makanan yang pedas, minuman yang berkafein dan berkarbonasi karena dapat meningkatkan rasa ketidaknyamanan akibat gejala penyakit ambeien.

Makanan dan buah-buahan yang baik untuk penderita ambeien adalah yang mengandung banyak serat, mengandung vit A, C, E, B compleks dan seng.

seperti:

  • Blueberry,ceri (mengandung banyak bioflavonoid)
  • Aplukat, melon, labu wortel (banyak Vit A)
  • Jeruk, Strowberry, kismis, brokoli (mengandung banyak vit C)
  • Gandum, kacang polong, bawang putih dll
  • Penderita ambeien disarankan untuk mengonsumsi banyak serat
  • Namun sebaiknya hindari konsumsi apel hijau dan juga jeruk karena bisa memperburuk gejala ambeien yang muncul.

Beberapa manakan tertentu sebaiknya di hindari oleh penderita ambeien karena bisa menimbulkan ketidaknyamanan nyeri datal-gatal yang intensinya semakin meningkat.

Makanan yang harus dihindari tersebut adalah apel hijau (karena memiliki tingkat keasaman lebih tinggi dibanding apel merah), buah jeruk dengan keasaman tinggi, minuman berkarbonasi, minum berkafein seperti kopi dan alkohol.

Selain itu hindari pula makanan olahan serta yang rendah serat seperti keju juga dagin merah karena bisa membuat feses menjadi keras sehingga sulit untuk dikeluarkan dan menimbulkan rasa sakit.

Ambeien juga di kenal dengan nama hemoroid yang merupakan penyakit atau gangguan pada anus, yaitu penurunan bantalan anus (anal cushion) yang di sebabkan oleh banyak hal. Bantalan anus ini terdiri dari mukosa, jaringan otot polos anus, jaringan ikat longgar dan jaringan pembuluh darah.

Jangan pernah menganggap remeh penyakit ambeien. Lakukanlah gaya hidup dan pola makan yang lebih sehat serta jangan pernah mengkonsumsi makanan yang termasuk ke dalam pantangan makanan bagi penderita ambeien, karena itu sangat berbahaya dan akan meningkatkan resiko parahnya penyakit ambeien yang anda keluhkan.

Mudah-mudahan dengan menghindari makanan yang di larang, anda bisa terjauh dari ambeien yang semakinparah serta anda juga harus memperhatikan makanan untuk penderita ambeien sebagai anjuran.

Post Author: Fiqri Reinaldi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.