Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan Tubuh

Cuka apel adalah sebuah jenis minuman yang didapat dari proses fermentasi jus apel. Dalam proses fermentasi inilah, kandungan gula pada apel diubah menjadi asam asetat yang merupakan bahan aktif dalam cuka yang membuat cuka apel kaya manfaat. Selain asam asetat, cuka ini juga mengandung vitamin (A, B1, B2, B6, C dan E), potasium, kalsium, dan magnesium.

Walaupun masih termasuk dalam jenis cuka, cuka apel punya perbedaan sangat mencolok dengan cuka putih, salah satunya dari segi manfaat. Cuka apel di ketahui tidak mempunyai manfaat, sendangkan cuka apel punya banyak bahan aktif yang berguna untuk menurunkan kadar gula dalam darah, membantu menurunkan berat badan, mengurangi lemak di bagian perut menurunkan kolesterol, dan menjaga kesehatan jantung.

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehat dan Kecantikan Kulit Wajah

Selain beragam manfaat kesehatan yang telah doi sebutkan di atas, jenis cuka ini juga dapat di gunakan dalam rutinitasmu sehari-hari dalam menjaga kecantikan, salah satunya membersihkan dan mencerahkan wajah. Pertanyaannya, memangnya boleh membersihkan wajah dengan cuka apel? Tentu boleh!

Alami dan natural, jenis cuka alami ini mampu menghilangkan bekas make up dan membantu menyerap minyak berlebihan penyebab jerawat. Tak hanya itu, berikut adalah beberapa manfaat yang kamu dapatkan dari cuka apel berkaitan dengan kecantikan.

1. Mengurangi Bintik-Bintik yang Muncul Akibat Penuaan

Jika kamu cermat dan rajin mencari bahan dari produk kosmetik dan kecantikanmu, kamu akan menemukan bahwa salahsatu untur yang di gunakan adalah Alpha Hydroxy Acid atau AHA. AHA inilah yang menjadi senyawa kimia yang sering kamu tempelkan di wajahmu demi tampil cantik nan mempesona.

Beruntung, senyawa yang sama bisa kamu temukan dalam cuka apel (Apple Cinder Vinegar). Tak heran, banyak ahli menyebutkan bahwa cuka apel dapat membantu menghilangkan kulit mati dan mendorong pembentukan sel kulit baru yang sehat sehingga kulit cantik terawat bukan hanya minmpi. Selain itu, bekas jerawat pada kulit pun akan memudar dan perlahan-lahan menghilang.

2. Mengatasi Jerawat

Cuka apel diketahui mengandung asam malat yang berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur. Pengguanaan cuka ini secara teratur pada wajah tentunya akan menghindarkan bercampurnya kotoran, minyak, dan bakteri penyebab jerawat. Tak heran, cuka cukup bisa kamu andalkan dalam soal menghilangkan jerawat.

3. Menyeimbangkan pH Kulit Wajah

Cuka apel bisa untuk membantu meneimbangkan produksi sebum pada kandungan pH pada cuka apel yang mirip dengan pH ada lapisan asam pada kulit menjadikan cuka ini cocok untuk di gunakan sehari-hari untuk merawat kulit dan mencegah kulit wajah dari kering atau berminyak.

4. Mencegah Kerutan

Untuk kamu yang mulai khawatir dengan kerutan, cobalah menggunakan cuka apel setiap hari pada wajah. Kandungan asam di dalam apel memberikan manfaat untuk mengurangi garis-garis halus yang muncul pada wajah sehingga kamu akan tampil awet muda, mempesona, dan memikat.

5. Menghilangkan Racun Dari Kulit Wajah

Polusi dan radikal menjadi hambatan yang muncul pada kulit sehatmu. Hal ini kalau dibiarkan akan menimbulkan kanker kulit yang tentunya kamu coba hindari.

Untuk itu, cuka apel dapat kamu gunakan untuk membersihkan kulit wajah dan membuang racun penyebab kulit kusan dan jerawat. Kandungan beta ini sehingga wajah kamu tetap cantik dan terawat. Kandungan beta karoten pada cuka apel juga membantu mencegah kerusakan kulit.

6. Mengecilkan Pori-Pori

Seperti yang sudah di sebutkan di atas, cuka apel mengandung Aplha Hydroxy Acid alami yang membantu mendorong pembentukan sel kulit baru sehingga penampilan kamu akan stand out dengan kulit wajah cantik, cerah, dan mempesona.

Tak hanya itu, kandungan AHA di ketahui mampu mengecilkan pori-pori kulit sehingga menjadikan kulit halus ketika di sentuh. Kandungan AHA juga memaksimalkan proses pigmentasi kulit yang menjadikan kulit wajahmu cerah.

7. Mengatasi Kulit yang Terbakar Matahari

Liburan di pantai yang seharusnya menyenangkan jadi terganggu karena masalah kulit terbakar, atasi masalah kulit dan perih pada kulit yang terbakar matahari dengan cuka apel.

Kemampuan cuka apel untuk menyeimbangkan kadar pH kulit membantu kamu mengatasi masalah kulit terbakar matahari, mempercepat penyembuhan, serta mencegah kulit yang terbakar matahari menjadi lecet dan terkelupas.

Manfaatkan Cuka Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

1.Masker Wajah

Untuk kamu yang memiliki kuliut wajah yang kering, kamu bisa mencoba membuat masker yang sangat mudah ini. Kamu hanya perlu mencampur 2 sendok makan madu dengan 1 sendok makan cuka apel hingga merata. Setelah itu, oleskan pada wajah yang telah dibersihkan, lalu biarkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat suam-suam kuku, lalu bilas kembali dengan air dingin. Masker ini bisa di gunakan 3 kali seminggu untuk menenangkan kulit wajah yang rusak, melembabkan kulit wajah, menyeimbangkan pH kulit, dan mengatasi kulit wajah yang kering.

2. Toner Wajah

Toner biasanya digunakan setelah proses membersihkan wajah untuk membantu membersihkan sisa minyak dan makeup pada wajah. Toner yang bagus juga membantu menenagkan dan menghaluskan kulit wajah.

Cuka apel juga bisa kamu gunakan dalam tiner wajah. Untuk membuatnya, campurkan air dengan cuka apel dengan perbandingan 1:2 Misalnya, campur 100ml cuka apel dengan 200ml air. Setelah itu, oleskan toner ini dengan kapas lembut untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dan membantu menyehatkan kulit wajah. Tapi bila kamu termasuk kulit yang sensitif, cuka apel sebaiknya di campur dengan lebih banyak air untuk membuatnya menjadi lebih encer.

3. Garam Mandi

Kamu suka berendam di bak mandi dengan air hangat demi mendapatkan relaksasi setelah seharian beraktifitas, kamu tentu tidak melupakan menambahkan garam mandi sehingga waktu berendam kamu juga menjadi waktu yang tepat untuk membersihkan kulit.

Supaya kebiasaan berendam ini jadi semakin bermanfaat, kamu bisa menambahkan cuka apel air rendaman yang kamu gunakan. Caranya, campurkan 500ml cuka apel dengan 650gram Epsom dan 15 tetes essential oil lacender ke air dalam bak mandi. Manfaat cuka apel untuk kesehatan kulit pun tak cuma kamu rasakan pada kulit wajah saja, tapi juga kulit tubuh.

4. Obat Jerawat

Cuka apel punya fungsi sebagai anti bakteri dan anti virus bagi tubuhmu. Untuk itu, tidak heran jika cuka apel banyak digunakan sebagai obat jerawat yang ampuh. Oleskan saja sedikit cuka apel yang telah dicampur dengan air pada bagian kulit yang mengalami masalah jerawat.

Campurkan cuka apel dengan air pada perbandingan 1:3 misalnya 100ml cuka apel di campur dengan 300ml aie. Setelah itu, oleskan campuran cuka apel ini pada area kulit yang bermasalah jerawat. Biarkan selama sekitar 5-20 detik, lalu bilas dengan air, dan keringkan. Bekas jerawat pun perlahan-lahan akan menghilang dengan penggunaan cuka apel secara rutin.

5. Pereda Kulit Terbakar Matahari

Pernah merasakan sakitnya kulit terbakar matahari, Untuk itulah, kamu membutuhkan lotion yang membantu mencegah pembakaran kulit terbakar matahari.

Cara membuatnya adalah campurkan sekitar 125ml cuka apel dengan 1 liter air. Gunakan handuk atau lap bersih yang sudah di basahi dengan campuran cuka apel dan air ini. Lalu, tepuk-tepuk lembut bagian kulit terbakar matahari menggunakan handuk atau lap bersih tersebut. Cuka apel tak hanya membantu mendinginkan kulit, tapi juga mendorong penyembuhan kulit yang terbakar matahari.

6. Mengatasi Gigitan Serangga

Kulit yang digigit serangga tentunya akan terasa gatal dan mengganggu. Ternyara masalah ini juga bisa di atasi secara alami dengan cuka apel. kamu cukup menepuk lembut bagian kulit yang di gigit serangga dengan kapas yang telah dibasahi dengan cuka apel. Asam dalam cuka apel membantu menghilangkan rasa gatal, sedangkan khasiat menyeimbangkan pH kulit yang di miliki cuka apel membantu proses prnyembuhan kulit.

Memilih Cuka Apel Terbaik

Saat ini, cuka apel bisa di dapatkan dengan mudah di berbagai supermarket. Tapi untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang terbaik dari cuka apel, kamu wajib cermat dalam memilih cuka apel dengan kualitas terbaik.

Ada beberapa jenis cuka apel yang bisa di pilih, namun pilihan terbaik adalah cuka apel organik yang belum dipasteurisasi dan belum di saring. Cuka apel yang belum di pasteurisasi dan belum di saring memiliki enzim dan bakteri bermanfaat yang lebih banyak di bandingkan cuka apel yang sudah di pasteurisasi dan sudah di saring.

Kalau kamu perhatikan, cuka apel yang belum di pasteurisasi dan belum di saring memang terlihat agak keruh. Biar begitu, kamu tidak perlu khawatir. Warna keruh dari cuka apel tidak berarti cuka apel tidak segar, melainkan karena adanya bakteri dan enzim sehat dalam cuka apel tersebut. Selain itu, cuka apel yang berkualitas masih memiliki ‘Mother’, alias lapisan menyerupai sarang laba-laba pada permukaan cuka apel. Keberadaan ‘Mother’ ini menunnjukan bahwa bakteri dan enzijm yang bermanfaat bagi kesehatan masih ada dan hidup pada cuka apel.

Post Author: Fiqri Reinaldi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.