Gejala Batuk Darah, Penyebab, dan Cara Pengobatan Secara Alami

Batuk darah atau hemoptisis adalah keadaan ketika seseorang mengalami batuk yang disertai darah. Batuk darah sendiri merupakan suatu bentuk gejala yang bisa timbul akibat sejumlah kondisi. Jika batuk darah dialami oleh kalangan usia muda yang memiliki riwayat kesehtan baik, biasanya itu bukan merupakan pertanda dari suatu penyakit serius. Akan tetapi, jika yang mengalaminya adalah orang-orang berusia lanjut atau diketahui memiliki kebiasaan merokok, maka ada kemungkinan bahwa darah merupakan gejala dari suatu penyakit serius.

Ciri-ciri darah dalam kasus batuk darah bisa bermacam-macam, ada yang berwarna merah mudah atau merah terang, dan ada juga yang memiliki tekstur berbusa atau bahkan bercampur lendir.

Darah tersebut biasanya berasal dari paru-paru akibat infeksi atau batuk berkepanjangan. Sedangkan darah yang berwarna gelap dan disertai noda hitam seperti bubuk kopi kemungkinan berasal dari saluran pencernaan. Kondisi tersebut cukup serius dan memerlukan penanganan medis secepatnya. Begitu pula jika seseorang mengalami:

  • Batuk daran disertai penurunan nafsu makan dan berat badan.
  • Batuk darah yang sering muncul dan hilang.
  • Batuk dengan volume darah cukup banyak.
  • Batuk disertai dengan dahak bercampur darah.
  • Batuk darah disertai dengan gejala sesak napas, demam lebih dari 38 derajat Celcius, pusing , berkeringat di malam hari, dan nyeri dada.
  • Batuk darah disertai dengan urine atau kotoran yang juga bercampur dengan darah.
  • Batuk darah yang berlangsung lebih dari seminggu.

Penyebab Batuk Darah

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan batuk darah diantaranya adalah:

  • Infeksi paru. Selain batuk darah, penderita kondisi ini akan mengeluarkan dahak berwarna kekuningan atau nernanah, serta sesah napas yang disertai demam
  • Emboli paru atau pengumpulan darah. Selain batuk darah, kondisi ini dapat menyebabkan nyeri dada dan sesak napas secara tiba-tiba.
  • Kanker Paru-paru. Gejala utama dari kanker paru, terutama pada stadium akhir , adalah batuk darah, mengi, serta sesak napas.
  • Beonkitis merupakan peradangan pada jaringan paru-paru, dam merupakan penyebab batuk darah yang paling sering. Batuk berdarahyang disebabkan oleh kondisi ini biasanya tidak berbahaya atau bahkan mengancam nyawa.
  • Edema patu atau penumpukan cairan batuk berdarah biasanya terjadi pada penderita edema paru yang juga terdiagnosis memiliki masalah pada jantung. Darah yang keluar saat batuk akan memiliki tekstur berbusa dan berwarna merah muda.
  • Tuberkulosis atau TBC ini merupakan golongan infeksi paru-paru parah. Selain batuk darah, TBC juga dapat menyebabkan penderitanya mengalami demam dan berkeringat berlebihan.
  • Luka berat, misalnya akibat kecelakaan lalu lintas atau terkena senjata.
  • Penyakit autoimun, seperti luppus, granulomatosis wegener, atau sindrom churg-strauss.
  • Gagal jantung kongestif, terutama karena stenosis mitral.
  • Batuk parah berkepanjangan
  • Varises bronkial. Batuk darah bisa terjadi karena pecahnya varises bronkial, pada penderita sirosis hati dan keadaan hipertensi portal lainnya.
  • Efek samping penggunaan narkoba.
  • Efek samping obat-obatanĀ  pengencer darah.

Pencegahan Batuk Berdarah

Sebagian besar batuk darah disebabkan karena adanya kelainan pada saluran pernapasan dan paru-paru. Infeksi dan gangguan lain yang terjadi berulang dan menjadi kronis, dapat menyababkan batuk biasa menjadi parah dan berkepanjangan. Hal tersebut dapat dicegah dengan penanganan batuk secara dini menggunakan obat batuk yang sesuai dan aman.

Cara Mengobati Batuk Darah Secara Alami

1. Menggunakan Madu

Madu yang asli dan murni akan sangat membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Madu juga sangat berperan dalam kesembuhan penyakit batuk, baik itu batuk kering, basah, hingga berdarah. Sifat antibakterinya bisa Anda andalkan dan akan mempercepat pemulihan kondisi Anda.

Cara Mengkonsumsi:

Sediakan madu murni organik sebanyak 1 sendok makan yang bisa langsung Anda minum 3 kali sehari setiap harinya. Madu inilah yang akan mengendalikan batuk Anda dan sangat bagus bila diminum sebalum Anda tidur agar tidak mudah batuk di malam hari. Lakukan pengobatan ini hingga batuk jauh lebih baik.

2. Menggunakan Daun Sirih

Daun sirih pun adalah obat herbal yang sudah banyak digunakan orang. Yang dipercaya dapat menyembuhkan batuk darah secara cepat.

Cara Mengkonsumsi:

Sediakan daun sirih 1-2 lembar, kemudian rebus bersamaan dengan jahe secukupnya yang sudah Anda potong kecil-kecil. Air rebusan yang sidah matang dapat ditunggu dulu hingga lebih hangat. Minumlah sehari sekali sampai ada progres.

3. Istirahat

Mendapat istirahat yang cukup akan dengan cepat memulihkan keadaan seseorang apapun penyakitnya. Batuk berdarah pun adalah suatu kondisi yang mengharuskan Anda banyak istirahat dan mendapatkan kualitas tidur yang cukup atau bahkan sedikit lebih banyak.

4. Tidak Merokok

Merokok adalah kebiasaan yang bisa merusak kesehatan paru-paru dan batuk berdarah sebetulnya juga dapat menjadi tanda ada yang tidak beres pada kesehatan paru-paru. Ketika Anda mengalami batuk berdarah, itu tandanya Anda harus berhenti merokok, atau batuk tersebut akan berkondisi lebih buruk.

Tidak merokok atau menjauhi kebiasaan tersebut diketahui dapat memperkuat sistem daya tahan tubuh penderita batu dengan darah. Apabila batuk darah terjadi dikarenakan adanya iritasi paru-paru, maka berhenti merokok akan mengurangi iritasi tersebut.

5. Minum Air Putih

Mungkin Anda sudah tahu betul bahaya dehidrasi dapat mengincar orang-orang yang jarang minum air putih sehari-harinya. Apabila batuk berdarah ini disebabkan oleh angguan kesehatan paru-paru, ini tandanya bahwa pada paru-paru kemungkinan pun ada cairan lendir kental. Supaya cairan tersebut dapat lebih encer, minum banyak air putih adalah solusinya.

Selain itu, memang ada bahaya akibat kkurang minum air putih bagi kesehatan lainnya yang harus Anda pertimbangkan, seperti tenggorokan yang kering. Untuk menyehatkan tenggorokan, mulut serta paru-paru Anda, memenuhi asupan cairan dalam tubuh secara cukup. Minumlah 8-12 gelas air setiap harinya supaya tubuh senantiasa terhidrasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Artikel Di Proteksi !! Jika Ingin meng-copy artikel harap kirimi kami email