Gejala Asma dan Cara Penyembuhan Dengan Bahan Alami

Asma adalah jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran nepas yang menimbulkan sesak atau sulit bernaoas. Selain sulit bernapas, penderita asma juga bisa mengalami gejala lain seperti nyeri dada, batuk-batuk, dan mengi. Asma bisa diderita oleh semua golongan usia, baik muda atau tua.

Meskipun penyebab pasti asma belum diketahui secara jelas, namun ada beberapa hal yang kerap memicunya, seperti asal rokok, debu, bulu binatang, aktivitas fisik, udara dingin, infeksi, virus, atau bahkan terpapar zat kimia.

Bagi seseorang yang memiliki penyakit asma, saluran pernapasannya lebih sensitif dibandingkan orang lain yang tidak hidup dengan kondisi ini. Ketika paru-paru teriritasi pemicu di atas, maka otot-otot saluran pernapasan perasma akan menjadi kaku dan membuat saluran tersebut menyempit. Selain itu, akan terjadi -peningkatan produksi dahak yang menjadikan bernapas makin sulit dilakukan.

Gejala Penyakit Asma

Gejala utama asma meliputi sulit bernafas (terkadang bisa membuat penderita megap-megap), batuk-batuk, dada yang terasa sesak, dan mengi (suara yang dihasilkan ketika udaha mengalir melalui saluran napas yang menyempit). Apabila gejala ini kumat, sering kali penderita asma menjadi sulit tidur.

Tingkat keparahan gejala asma bervariasi, mulai dari yang ringan hingga parah. Memburuknya gejala biasanya terjadi pada malan hari atau dini hari. sering kali hal ini membuat penderita asma menjadi sulit tidur dan kebutuhan akan inhaler semakin sering. Selain itu, memburuknya gejala juga bisa dipicu oleh reaksi alergi atau aktivitas fisik.

Gejala asma yang memburuk secara signifikan disebut serangan asma. Serangan asma biasanya terjadi dalam kurun waktu 6-24 jam, atau bahkan beberapa hari. Meskipun begitu, ada beberapa pendertia yang gejala asmanya memburuk dengan sangat cepat kurang dari waktu tersebut.

Selain sulit bernapas, sesak dada, dan mengi yang memburuk secara signifikan, tanda-tanda lain serangan asma parah dapat meliputi:

  • Merasa penurunan arus puncak ekspirasi.
  • Bibir dan jari-jari yang telihat biru.
  • Sulit bicara, makan atau tidur akibat sulit bernapas.
  • Adanya penurunan arus puncak ekspirasi.
  • Inhaler pereda yang tidak ampuh lagi dalam mengatasi gejala
  • Denyut jantung yang meningkat

Cara Menyembuhkan Asma Dengan Bahan Alami

1.Karuk

Karuk atau yang di sebut juga dengan daun sirih tanah adalah tanaman liar yang banyak tumbuh pada beberapa daerah di Indonesia. Karuk ini juga merupakan salah satu jenis tanaman yang mempunyai banya sebutan seperti amelum une, kado-kado, cabean, dan lain sebagainya. Tanaman ini dapat berkembang dengan melakukan stek batang. Dan didalam dunia pengobatan, tanaman karuk ini terkenal cukup manjur dalam mengatasi beragam macam penyakit seperti asma, susah buang air kecil, panu, nyeri tulang, dan sakit perut.

Cara Pemakaian Daun Karuk Untuk Penyembuhan Asma

  1. Ambil daun karuk segasebanyak 3 sampai 5 lembar
  2. Cuci bersih
  3. Haluskan daun karuk dengan cara menumbuknya
  4. Kemudian daun karuk yang sudah di haluskan diseduh dengan setengah gejlas air panas
  5. Saring & dinginkan
  6. Lalu tambahkan sedikit gula atau madu, supaya air seduhannya terasa lebih nikmat
  7. Air rebusan daun karuk sudah siap diminum
  8. Minum air rebusan ini sebanyak 3x sehari

2. Bengkuang

Bengkuang ialah satu jenis buah tropis yang berdaging putih tepung & bertekstur renyah, selain itu bengkuang ini juga memiliki cita rasa yang manis dan menyegarkan terlebih dikonsumsi ketika hari sedang panas-panasnya. Sebetulnya yang dapat dimakan dari tanaman ini ialah akarnya yang membesar dengan membentuk umbi. Dan dimana pada buah jenis akar-akaran ini terdapat banyak sekali kandungan manfaat.

Cara Pemakaian Bengkuang Untuk Penyembuhan Asma

  1. 250gram bengkuang, kupas & potong-potong
  2. 100gram lobak parut, kupas & potong-potong
  3. Seperempatcabai merah, belah dan buang bijinya
  4. 50g batang seledri
  5. 60ml air es
  6. 2sdm air jeruk nipis atau lemon
  7. 3 potong es batu
  • Masukan potongan bengkuang, lobak, seledri, cabe merah, air es, air jeruk nipis dan sepotong es batu kedalam mesin blender
  • Giling gingga halus
  • Setelah halus, tuangkan juga kedalam gelas
  • Jus siap di minum

3. Jahe

Jenis rempah yang satu ini memang terknal dengan khasiatnya sebagai penghangat tubuh, tetapi selain itu, rempah yang satu ini rupanya juga mempunyai khasiat lain yang ampuh untuk membantu mengobati asma dan juga bermanfaat untuk mengatasi peradangan. Untuk mengambil khasiat dari rimpang jahe ini, Anda dapat memadukan jahe ini dengan madu. Sebab, madu sangat cocok dan tepat untuk dipadukan dengan rempah jahe. Dikeranakan, selain mempunyai rasa yang sangat nikmat, perpaduan ini juga dapat membantu pengidap penyakit asma untuk segera sembuh secara alamai dan cepat.

4. Daun Sirsak

Daun sirsak ialah daun herbal yang mempunyai kandungan manfaat yang melimpah untuk tubuh kita, khasiat yang dimiliki oleh daun sirsak ini begitu besar terutama untuk kesehatan, hal ini dikarenakan daun sirsak ini mempunyai kemampuan untuk mengobati beragam jenis penyakit yang sering di alami, salah satunya seperti penyakit asma ini. Daun sirsak ini dipercaya mampu mengabati penyakit asma dikarenakan didalam daun sirsak ini terdapat kandungan vitamin, mineral, serta zat-zat lainnya yang amat penting untuk menangani gejala penyakit asma yang timbul seperti sesak napas, sesak di dada dan lain sebagainya. Sehingga proses penyembuhan penyakit asma bisa lebih optimal.

Post Author: Fiqri Reinaldi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.