5 Cara Menghilangkan Jerawat Pada Wajah

Punya banyak jerawat di wajah tentu tak enak . Ingin cepat menghilangkan jerawat tapi takut mahal? Ada cara menghilangkan jerawat yang tidak membahayakan. Dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Tapi sebelum anda mengetahui cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat untuk pria dan wanita,Anda perlu mengetahui apa itu jerawat dan penyebabnya.

Jerawat merupakan penyakit yang mempengaruhi kelenjar minyak pada kulit lubang kecil di  kulit (pori-pori) terhubung dengan kelenjar minyak di bawah kulit. Kelenjar ini membuat zat berminyak yang di sebut sebum. Pori pori terhubung ke kelenjar oleh kanal yang disebut folikel. Dan didalam folikel, minyak membawa sel kulit mati ke permukaan kulit.

jerawat memang bukan penyakit kulit yang membahayakan. meski begitu, Jika ada jerawat di wajah tentu akan menurunkan tingkat kepercayan diri. Jerawat memang kadang bandel, Ketika sudah ada yang hilang, mungcul lagi satu. Kadang tangan rasanya gatal ingin menyentuh jerawat yang tidak hilang-hilang ini. Apakah tangan anda bersih ketika meyentuh jerawat ? menyentuh jerawat sembarangan ternyata malah bikin jerawat makin tumbuh subur.

Penyebab Jerawat

Perubahan Hormon 

Tidak hanya remaja, bahkan orang dewasa pun dapat mempunyai jerawat. Biasanya hal ini dapat terjadi karena adanya perubahan hormon. Hal ini lebih sering terjadi pada peremmpuan, Karena pada masa-masa tertentu terutama pada masa menstruasi dan kehamilan terjadi perubahan hormon yang cukup signifikan. pada perempuan menstruasi, jerawat biasa muncul menjelang menstruasi.Lalu pada perempuan hamil,muncul nya jerawat biasanya pada masa hamil 3 bulan pertama.

Pubertas

Sebagian orang mempunyai jerawat ketikan mengalami pubertas atau pada saat-saat remaja. hal ini dikarenakan pada masa puber,sebum yang dihasilkan oleh kelenjar minnyak meningkatkan produksinya dikarenakan meningkatnya pula produksi hormon testosteron.

Sering cuci muka

Banyak dari kita menanggap bahwa penyebab jerawat adalah kurangnya rutin membersihkan muka. Oleh karena itu anda sering sekali  membersihkan muka 3-4 kali. Hal tersebut justru akan membuat wajah anda berjerawat karena produksi minyak pada wajah justru akan berkurang hingga menyebabkan kulit akan terus memproduksi minyak berlebi. cuci muka cukup 2 kali sehari dengan produk pembersih wajah ringan.

ponsel yang kotor

Masih banyak yang belum mengetahui bahwa ponsel yang kita pakai sangatlah kotor. Kita sering sekali menyentuh benda kotor dan mengandung banyak bakteri jahat dibandingkan dengan tangan kotor, kita menaruhnya di tempat yang sempit dan gelap seperti kantung celana dan tas. Bakteri akan berpesta di ponsel anda.

Memencet jerawat

Merasa risih karena adanya jerawat dan ingin segera menyinkirkannya dengan memencet, apakah anda sudah yakin bahwa tangan anda sudah bersih? Bukan hanya karena tangan kita yang kotor, dengan memencet jerawat , kita hanya akan menekan sumbatan pori ke bagian yang lebih dalam sehingga malah menyebabkan bekas jerawat.

Make up berlebih 

Khususnya pada perempuan, pemakaian make-up berlebih tanpa di imbangi dengan membersihkan wajah secara teratur justru akan menjadi penyebab munculnya jerawat.

Tidak hanya berlebih, memakai produk make-up yang tidak cocok dengan kondisi kulit wajah juga dapat penyebab jerawat pula.

Konsumsi makan  tak sehat 

jerawat juga dapat disebabkan oleh makanan yang mengandung lemak tingggi dan tidak sehat.Hal tersebut akan memancing produksi sebum yang berlebihan.

Cara menghilangkan jerawat secara alami

Setelah kita mengatahui apa-apa saja penyebab jerawat, sudah saat nya kita mengetahui juga bagaimana cara menghilangka jerawat. menghilangkan jerawat tidak melulu menggunakan produk kimia. Daripada menghabiskan banyak uang dan hasilnya belum pasti, mari kita coba cara menghilangkan jerawat secara alami banyak sekali metode dan bahanya, salah satu yang paling efektif adlah dengan menggunakan masker. Produk masker pun ada yang bisa dibuat secara alami ada pula dengan pabrik yang menjamin bisa menjadi cara menghilangkan jerawat secara alami dalam waktu 1 hari saja. Namun produk buatan sendiri bisa anda coba di awal, karen lebih terjamin kehigienisanya dan tentu lebih ramah di kantong.

1. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker soda kue dan air 

Soda kue atau biasa di sebut dengan baking soda tidak hanya di pakai sebagai bahan kue saja, Anda bisa membuatnya untuk menghilangkan jerawat pada wajah anda. selain jerawat biasa menggunakan masker  soda kue juga bisa menjadi cara menghilangkan jerawat batu secara alami dan cepat. soda kue mempunyai manfaat dapat menjadi penyeimbang pH kulit untuk mencegah jerawat.Tidak hanya penyeimbang jerawat membandel.

Cara mudah sekali, cukup ikuti langkah brikut ini:

  • Cukupu campurkan 2 sdm soda kue dengan air hingga mengental.
  • Sebelum diaplikasikan padah wajah, Anda disarankan untuk mencuci wajah dahulu,agar wajah bersih
  • Aplikasikan soda kue ke wajah secara merata.
  • Tunggu selama 15 menit lalu bersihkan dengan menggunaka  air hangat.

Setelah mengaplikasikan masker soda kue pada wajah, wajah anda bisa menjadi cukup kering. Oleh larena itu anda bisa memakai pelembab wajah sesudahnya.

2. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker alpukat dan madu 

Alpukat kaya akan vitamin E yang dapat menembus pori-pori kulit sehingga dapat meredakan peredangan kulit. Sedangkan madu mengandung hidrogen peroksida yang bersifat anti-bakteri.kombinasi kedua bahan ini juga mampu menjadi cara menghilangkan bekas jeraeat secara alami dan cepat.

Caranya menggunakanya pun cukup mudah. Ambil setengah bagian alpukat , tumbuk hingga halus, tambahkan 1 sdm madu. Aplikasikan pada wajah yang lebih bersih. Diamkan  selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

3. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker yogurt dan madu

yugurt mengandung bakteri baik,asam laktat,dan asam alfa hidroksi yang dapat membantu menghilangkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.campurkan 1 sdm madu dan 2sdm yogurt,aduk hingga rata, Oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

4. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker pisan dan kunyit

pisang kaya akan antiosidan,potasium, dan vitamin E kandungan tersebut membuat wajah menjadi lebih cerah dan lembap. lektin yang juga ada pada pisang dapat melawan berkhasiat obat bagi wajah yang meradang.

Cara membuatnya adalah dengan pertama haluskan 1 buah pisang, lalu tambahan setengah sdm bubuk kunyit dan setengah sdm soda kue, aduk hingga rata. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat jangan lupa pelembab usai memakai masker jika dirasa wajah kering.

5. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker bawang putih 

 Bawang putih tidak hanya bermanfaatsebagai bubu dapur saja namun juga dapat membantu menghilangkan peredangan pada kulit karena bawang putih yang merupakan anti virus,anti jamur,anti oksidan,dan anti septik sehingga kesehatann kulit akan terus terjaga. Selain itu bawang putih mengandung zat sulfur yang ampuh dalam proses pembasmian jerawat membandel.

Begitulah cara cara alami yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan jerawat membandel. Namun perlu di ingat,jangan berharap hal ini sebagai  cara spontan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami dalam 3 hari atau waktu yang singkat . semoga bermanfaat.

Post Author: Fiqri Reinaldi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.