5 CARA AGAR BERHENTI MENGUAP

Menguap memang adalah hal yang normal dan setiap orang pun pasti pernah melakukan hal ini. Menurut beberapa ahli, menguap bisa jadi tanda Anda mengantuk, kelelahan, atau bosan.  Lalu, bagaimana jika Anda sedang berada di tengah rapat penting, dan Anda terus menguap? Tentu Anda tidak mau dicap sebagai karyawan buruk, bukan? Simak artikel berikut untuk mengetahui cara berhenti menguap.

Mengapa kita menguap

Ketika menguap, tubuh biasanya akan secara otomatis melakukan peregangan atau ngulet disertai dengan mata berair dan helaan napas. Menguap adalah respon alami yang umumnya muncul ketika Anda sedang kelelahan, mengantuk, atau bosan.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Evolutionary Psychology, menguap disebabkan karena otak terlalu panas. Saat menguap, Anda akan melakukan peregangan rahang yang sangat kuat sehingga bisa meningkatkan aliran darah pada leher, wajah, dan kepala. Nah, hal ini bisa membantu mengeluarkan hawa panas di dalam otak dan mendinginkan daerah tersebut.  Seseorang umumnya akan lebih mudah menguap ketika udara sedang dingin dibandingkan saat udara panas.

Meski terbilang normal, namun Anda harus waspada jika Anda sering menguap secara berlebihan. Pasalnya menguap yang terjadi secara berlebihan bisa jadi  tanda bahwa Anda memiliki kondisi medis atau penyakit tertentu, seperti gangguan tidur, sinkop vasovagal (mudah pingsan), hingga kondisi jantung yang serius.

Ada baiknya jika Anda sering menguap namun tidak merasa mengantuk, kelelahan, atau bosan, segeralah berkonsultasi kepada dokter. Hanya dokter Anda yang bisa menentukan apakah menguap berlebihan yang Anda rasakan merupakan tanda adanya masalah medis atau tidak.

Bagaimana cara berhenti menguap

Menguap memang tidak mendatangkan bahaya besar, namun tentu ini dapat mengganggu aktivitas Anda saat berada di kantor, kampus ataupun sekolah. Berikut cara berhenti menguap ketika Anda berada di tempat-tempat penting.

  1. Bernapas dalam

Menurut penelitian, manusia mendapat dorongan untuk menguap saat otak dalam keadaan yang terlalu panas. Bernapas dalam-dalam dari hidung dan mengeluarkan secara perlahan melalui mulut merupakan cara yang tepat untuk membantu mendinginkan otak Anda. Ini cara berhenti menguap yang paling mudah untuk dilakukan.

  1. Minum air putih

Ketika Anda dehidrasi, Anda akan lebih rentan kelelahan yang berujung pada mengantuk. Minum segelas air putih merupakan cara terbaik agar tubuh Anda terhindrasi sekaligus melawan rasa kantuk. Jadi, jika Anda akan mengikuti rapat, belajar di kelas, atau melakukan kegiatan penting lainnya, pertimbangkan untuk membawa minuman jika diperbolehkan. Membawa sebotol air putih bisa membantu Anda untuk berhenti menguap untuk berjaga-jaga kalau hal tersebut terjadi.

  1. Lakukan peregangan

Jika Anda merasa gelisah saat menguap, ini mungkin adalah sinyal dari tubuh untuk menyuruh Anda bergerak. Anda tidak perlu melakukan peregangan yang berat. Pasalnya ada banyak gerakan peregangan ringan  dan mudah yang cukup dilakukan di atas kursi kantor untuk sekadar melemaskan otot leher dan pundak Anda.

  1. Cari udara segar

Menghabiskan waktu yang lama di tempat yang sama, seperti di depan komputer, merupakan hal membosankan yang membuat Anda rentan mengantuk. Untuk mengatasinya, cobalah untuk pergi ke luar ruangan selama beberapa menit untuk menstimulasi tubuh Anda dengan udara segar.

  1. Dinginkan kepala Anda

    Sadarkan diri Anda sendiri. Minum air super dingin yang ditambahkan lemon tanpa gula. Makin diminum, Anda makin tak ngantuk. Cipratkan sedikit airnya ke muka Anda. Cara lain, cobalah letakan potongan es di pergelangan tangan atau di dahi Anda.

Post Author: Fiqri Reinaldi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.