Buka Peluang Usaha Modal Kecil Sebagai Reseller Herbal Sehat Berkhasiat

Penyebab Nafsu Makan Menurun

Makanan memberi tubuh Anda energi yang dibutuhkan untuk tetap sehat. Otak dan usus bekerja sama untuk menentukan kapan Anda perlu makan dan kapan Anda kenyang. Ketika Anda tidak nafsu makan, itu pertanda mungkin ada sesuatu yang salah pada tubuh Anda. Lantas apa penyebab nafsu makan menurun dan bagaimana cara mencegahnya?

Diketahui, kurangnya nafsu makan dapat berasal dari berbagai penyebab fisik atau psikologis. Memahami alasan mengapa Anda tidak nafsu makan adalah kunci untuk menentukan cara terbaik menangani masalah ini.

Hilangnya nafsu makan biasanya bukan kondisi utama. Sebaliknya, itu merupakan gejala dari masalah kesehatan. Melansir dari situs Very Well Mind, Senin (14/3/2022), adapun penyebab nafsu makan menurun yakni sebagai berikut:

  1. Penuaan

Baca Juga: Gejala Anemia pada Orang Dewasa, Ciri-cirinya Bisa Dilihat dengan Mata

Nafsu makan sering berubah seiring bertambahnya usia. Orang tua mungkin kurang tertarik pada makanan karena perubahan selera, demensia, masalah kesehatan, efek samping pengobatan, atau masalah kesehatan mental. Terkadang orang lanjut usia makan lebih sedikit karena tingkat aktivitas mereka menurun dan kebutuhan kalorinya lebih sedikit.

  1. Anemia

Anemia terjadi ketika ada tingkat sel darah rendah yang tidak normal. Kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan bisa menjadi tanda anemia, terutama jika gejala ini dikombinasikan dengan kelelahan.
arrow_forward_iosBaca selengkapnya
Powered by GliaStudio
Ilustrasi anak malas makan.(Pexels/mikhail nilov)
Ilustrasi anak malas makan.(Pexels/mikhail nilov)

  1. Kanker

Hilangnya nafsu makan adalah umum di antara individu dengan kanker. Ini mungkin terkait langsung dengan penyakit, terutama bila dikaitkan dengan kanker saluran pencernaan, seperti kanker perut 3 atau pankreas, tetapi juga dapat muncul dengan kanker paru-paru atau ovarium. Hilangnya nafsu makan juga bisa menjadi efek samping dari perawatan kanker.

Baca Juga: Penyakit Anemia, Kenali Penyebab dan Gejala Kondisi Kurang Darah Ini

  1. Diabetes

Penderita diabetes mungkin tidak merasa lapar karena beberapa alasan. Terkadang, diabetes menyebabkan suatu kondisi di mana makanan bergerak terlalu lambat melalui saluran pencernaan. Gula darah tinggi yang tidak diobati juga dapat menyebabkan kadar keton yang tinggi terbentuk dalam darah dan urin.

Selain 4 penyebab di atas, ada juga penyebab lainnya seperti hipotiroidisme, infeksi, dan masalah kesehatan mental (depresi, cemas, stres).

Cara Mencegah

Ketika kehilangan nafsu makan adalah bagian dari penyakit yang lebih serius, nutrisi yang baik dan menjaga berat badan yang sehat mungkin sangat penting untuk penyembuhan. Nah, untum mencegah nafsu makan menurun, berikut ini beberapa cara yang dibisa dilakukan:

Jadwal tidur yang lebih baik
Diet khusus yang akan membantu menjaga nutrisi yang tepat
Peningkatan perawatan diri
Olahraga
Makanlah lebih sedikit tapi lebih sering
Pastikan agar tubuh tetap terhidrasi

Demikian informasi mengenai penyebab nafsu makan menurun dan cara mencegahnya yang perlu diketahui. Pastikan agar selalu makan makanan sehat dan teratur untuk menjaga tubuh dari berbagai penyakit. Semoga informasi ini bermanfaat.

About the Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may also like these

Livechat Whatsapp
Daftar Waitlist Isi email valid anda di bawah ini. Kami akan info saat produk ready stock
X

Keranjang Belanja

Your Cart is Empty

Kembali ke Etalase Toko