Gejala Biang Keringat, Penyebab dan Cara Penyembuhan Secara Alami

Biang keringat atau miliaria adalah ruam kecil berwarna merah dan menonjol yang terasa gatal, serta bisa menyebabkan sensasi menyengat atau perih pada bagian kulit. Kelainan yang juga dikenal dengan nama ruam panas ini tidak hanya terjadi pada bayi, namun orang dewasa juga bisa mengalaminya ketika cuaca sedang panas atau pada lingkungan yang bersuhu lembap.

Biang keringat biasanya muncul beberapa hari setelah seseorang terkena pajanan suhu panas. Kondisi ini bisa muncul di seluruh bagian tubuh, tapi sering kali muncul pada bagian wajah, leherm punggung, dada, dan bagian paha.

Penyebab dan Faktor Biang Keringat

Biang keringat disebabkan oleh keringat yang terjebak di kulit dan tidak bisa menguap akibat kelenjar keringat tubuh yang terhambat. Sebagai akibatnya, kulit mengalami peradangan dan timbul ruam. Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa menghambat kelenjar keringat di tubuh :

  • Aktivitas fisik tertentu yang memerlukan aktivitas fisik yang berat hingga menyebabkan keluarnya banyak keringat bisa menyebabkan terjadinya biang keringat
  • Tirah baring terlalu lama yang berisiko mengalami biang keringat juga tinggi yang diwajibkan untuk beristirahat di ranjang untuk waktu yang cukup lama.
  • Kepanasan, misalnya karena menggunakan pakaian yang teralalu tebal atau tidur dengan selimut yang berlebihan.
  • Iklim tropis, kemunculan biang keringat bisa disebabkan oleh cuaca atau suhu lingkungan yang panas dan lembap.
  • Kelenjar keringat belum berkembang, kasus biang keringat lebih mudah terjadi pada bayu, terutama pada bayi yang sedang dihangatkan dengan inkubator, memakai pakaian yang panas, atau mengalami demam, bayi belum memiliki kelenjar keringatan yang sudah berkembang sepenuhnya dan terkadang dapat membuat keringat tertahan di balik kulit.

Gejala dan Jenis Biang Keringat

Lokasi munculnya ruam pada orang dewasa dan bayi umunya berbeda. Pada bayi, biiang keringat biasanya muncul pada bagian leher, dan terkadang pada bagian ketiak, lipatan siku, dan selangkangan. Pada orang dewasa, biang keringat akan muncul pada lipatan kulit yang bergesekan dengan pakaian.

Berikut jenis biang keringat. Tanda dan gejala yang muncul pun bervariasi pada setiap jenisnya :

  • Miliaria rubra, biang keringat jenis ini muncul di lapisan kulit yang lebih dalam dan biasanya terjadi pada daerah bersuhu panas atau lembap. Gejala dari kondisi ini adalah berupa sensasi gatal dan menyengat disertai munculnya bintik merah. Kulit akan mengalami peradangan dan terasa sakit akibat dari keringat yang tidak bisa keluar dari permukaan kulit.
  • Miliaria pustulosa adalah perkembangan dari miliria rubra dimana bintil mengalami pradangan dan berisi nanah.
  • Miliaria profunda adalah jenis biang keringat yang paling jarang terjadi, dan berdampak pada dermis atau lapisan kulit yang lebih dalam. Biang keringat jenis ini bisa bersifat kronis dan sering kambuh. Kondisi ini lebih cenderung terjadi pada orang dewasa setelah melakukan aktivitas disik yang menghasilkan banyak keringat. Tanda-tanda yang terlihat dari miliaria profunda adalah bintik berwarna merah yang berukuran lebih besar dan keras.
  • Miliaria kristalina adalah jenis biang keringat yang paling ringan dan hanya memengaruhi saluran keringat dari lapisan kulit teratas. Kondisi ini bisa ditandai dengan kemunculan bintik-bintik berisi cairan berwarna jernih yang mudah pecah. Miliaria kristalina lebih cenderung terjadi pada bayi dibandingkan orang dewasa. Biang keringat jenis ini biasanya tidak gatal dan tidak terasa sakit.

Biang keringat umumnya bukan merupakan kondisi yang membutuhkan penanganan secara khusus. Kondisi ini biasanya dapat pulih  dengan sendirinya dengan mendinginkan kulit serta menghindari pajanan panas. jika gejala yang muncul bertahan cukup lama, atau Anda melihat adanya tanda-tanda infeksi:

  • Demam dan mengigil.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak dan selangkangan
  • Rasa sakit makin bertambah.
  • Nanah keluar dari bintik dan benjolan ruam.

Cara Penyembuhan Biang Keringat Secara Alami

1. Lidah Buaya

Bahan yang mudah Anda termukan di pekarangan rumah seperti lidah buaya bisa juga digunakan untuk menobati biang keringat. Aloe vera atau lidah buaya adalah salah satu tanaman yang dipercaya sebagai obat alami yang mampu menangkis semua permasalahan kulit akibat dari biang keringat. Cara penggunaannya yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya pada bagian kulit yang memiliki ruam. Langkah mudah ini bisa kami terapkan dirumah setiap 3 kali sehari rasa gatal dan ruam segera hilang.

2. Madu

Madu dikenal sebagai pelembab alami dan humektan yang baik untuk kulit. Kamu bisa mengleskan madu secara langsung kearea kulit yang bermasalah. Selain itu, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda dapat mencampurkan madu dengan minyak jojoba. Oleskan keseluruh area yang terkena biang keringat. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas hingga bersih.

3. Oatmeal

Oatmeal atau gandum juga dipercaya dapat dijadikan bahan alami untuk mengatasi biang keringat. Anda bisa gunakan dalam campuran bathtub atau air mandimu. Bisa juga dengan mencampurkan 1 sdm gula pasir yang ditambahi madu dan 3 sdm oatmeal. Aduk dan campur ketiga bahan tersebut hingga merata. Lalu oleh dan gosok ramuan tersebut ke seluruh bagian kulit yang bermasalah. Diamkan beberapa menit hingga ramuan tersebut meresap dan mengering pada kulit.

4. Es Batu

Biang keringat menyebabkan rasa gatal pada kulit. Namun, rasa gatal tersebut bisa diatasi dengan memanfaatkan es batu yang ada di freezer. Anda hanya perlu menggosokan es batu atau menekan secara perlahan pada bagian kulit yang terkena biang keringat atau ruam. Rasa dinginnya mampu meredakan rasa gatal akibat biang keringat yang membandel. Lakukan secara rutin agar bintik-bintik merah tersebut hilang.

5. Soda Kue

Baking soda yang biasanya Anda pakai untuk bahan membuat kue ini ternyata bisa juga melawan rasa gatal yang disebabkan oleh biang keringat. Kamu bisa gunakan untuk mandi, yaitu dengan melarutkan sekitar satu atau dua sendok teh baking soda ke dalam air mandi. Selain dapat mengurangi ruam, baking soda juga dapat mengurangi gatal-gatal, sehingga nantinya Anda akan terlepas dari rasa panas yang ditumbulkan oleh bintik-bintik merah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Artikel Di Proteksi !! Jika Ingin meng-copy artikel harap kirimi kami email